Mengupas New Kindle 2016 (Kindle 8th Generation)

Video di atas adalah Vlog saya tentang Kindle Generasi ke 8 ini. Silahkan dilihat.


Untuk yang belum tahu apa itu Kindle, Kindle adalah perangkat yang dikembangkan oleh Amazon untuk menyimpan dan menampilkan buku elektronik dan media digital lainnya. Ada beberapa macam Kindle yang beredar di pasaran seperti Kindle, Kindle Papewhite, kindle Oasis, dan Kindle Fire. Setelah beberapa bulan bergumul mau membeli Kindle atau tidak, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Kindle (setelah menjual beberapa buku koleksi pribadi) dan pilihan jatuh kepada New Kindle 2016 dimana New Kindle ini adalah tipe Kindle low-entry. #LowBudgetSoalnya

Kenapa Kindle / eBook reader?
Sebenarnya ada banyak jutaan alasan kenapa saya sangat suka buku fisik, seperti bau buku baru yang entah kenapa ‘seksi’ banget harumnya, suara ‘kresek’ yang terdengar saat  membalikkan halaman, beragam tekstur kertas dalam buku, yang tidak kalah penting adalah perasaan kok, rasanya berasa lebih pinter kalo menggenggam buku #Halah

Namun seperti kita tahu bahwa harga buku, (khususnya format Hard-Cover) cukup lumayan menguras kantong. Jadi berhemat adalah alasan saya beralih ke eBook reader Kindle ini. Memang ada beberapa pilihan brand lain selain Kindle, seperti Kobo, Nook dll. Namun dari semua pilihan yang beredar di pasaran, sepertinya Kindle yang paling merajai pasar dan memiliki dukungan jutaan eBook.

Apa saja sih kelebihan Kindle?


Ada begitu banyak kelebihan Kindle untuk membaca apabila dibandingkan kita membaca di iPad atau smartphone.

  • Kindle 2016 hadir dengan ukuran yang lebih tipis dan lebih ringan dari generasi sebelumnya dan dapat dengan mudah digenggam dengan satu tangan karena desain yang lebih bulat di bagian kelilingnya.

  • Teknologi layarnya menggunakan teknologi E-ink. Berbeda dengan layar smart phone yang menggunakan sinar biru akibat backlight yang digunakan dalam layarnya sehingga membuat mata kita cepat capai atau perih apabila kita berlama-lama melihat layar, teknologi layar Kindle menggunakan partikel tinta dan juga teks yang dirancang nyaman untuk mata sehingga kita benar-benar seperti membaca buku aslinya.
    Dan karena layar Kindle tidak mengeluarkan cahaya, kita dapat membaca kapan saja tanpa takut tidak bisa tidur tetapi demikian kita tetap dapat menggunakan Kindle untuk membaca di luar ruangan / tepat di bawah matahari tanpa harus takut layarnya mengeluarkan pantulan.
  • Ini yang penting : baterai Kindle tahan lama bahkan dapat bertahan berminggu-minggu.
  • Didukung oleh jutaan judul buku yang tersedia.

Berapa harganya dan belinya dimana ya?
Harga Kindle new entry ini adalah $80 atau sekitar satu jutaan. Kalian dapat membelinya di website resmi Amazon.  Saya membeli Kindle ini dengan menitip teman di Jepang dengan harga 8.980 Yen atau sekitar 1.2 juta. Tetapi saat barang ini sampai, teman saya mengatakan kalo saya beruntung banget karena di Amazon Jepang sedang ada diskon 50% untuk pembelian Kindle jadi cukup membayar Kindle ini seharga 4000 Yen saja atau sekitar lima ratus ribuan saja. #RejekiAnakSoleh

Sekarang, Kindle 8th Generation ini sudah dapat di beli di beberapa toko online seperti JD, Tokped dan lainnya namun harganya menurut saya masih cukup mahal. Bahkan saya menemukan iklan ada sebuah toko di daerah Mangga Dua yang menjual Kindle dengan harga di kisaran 2.5 juta. #Buset

Jadi, apabila kalian memiliki teman yang berada di luar negeri seperti Jepang atau US, mungkin boleh kalian coba skill merayu kalian agar boleh menitip ke teman kamu. Kalau rayuan atau paksaan atau sogokan tidak mempan, mungkin sudah saatnya kamu menggunakan bantuan jasa titip.

Kekurangannya Kindle ini apa?

Tentu kelemahan terbesar untuk Kindle versi New Entry ini adalah ketiadaan fasilitas back light, jadi apabila kalian membaca Kindle ini dalam gelap, ya .. kalian tidak akan bisa menggunakan Kindle ini. (Kecuali kalian menggunakan lampu tambahan)

Kelemahan lainnya adalah resolusi ketajamannya. New Kindle ini hanya memiliki ketajaman 167 ppi (pixel per inch) sehingga sudah pasti kalah dengan resolusi Kindle Paperwhite yang memiliki ketajaman 300 ppi. But so far, saya fine-fine saja dengan resolusi yang ditawarkan oleh New Kindle ini. Memang ada beberapa font yang agak susah dibaca akibat kurang tajam dengan jarak baca 20cm, namun masalah ini minor karena toh, kita cukup mendekatkan Kindle ke arah kita agar dapat lebih jelas membaca font yang kurang terbaca.

Apabila kalian memiliki yang lebih dan menginginkan Kindle yang memiliki lampu internal sehingga kalian dapat membaca dalam gelap serta memiliki ketajaman resolusi yang lebih tajam, kalian dapat membeli Kindle Paperwhite yang memiliki resolusi 300ppi, tentu dengan harga yang lebih mahal, sekitar $120.

Kelemahan terbesar Kindle untuk pasar Indonesia adalah tidak tersedianya buku bahasa Indonesia. Yap, yang tersedia hanyalah buku-buku non-bahasa Indonesia yang tersedia di Amazon. Jadi apabila kamu tidak terbiasa membaca buku dalam bahasa Inggris atau lainnya, mungkin kamu tidak membutuhkan Kindle. Dan sama seperti saya yang masih belajar bahasa Inggris, Kindle juga tidak menyediakan translasi atau Kamus Inggris-Indonesia. Jadi kamus yang kalian dapatkan adalah kamus bahasa NON-Indonesia ya #Cateeet

Mencoba menggunakan Built-in Dictionary untuk kata “Funneled”

Fitur-fitur apa saja yang ada di dalam Kindle?

Ada begitu banyak fitur yang ditawarkan oleh Kindle namun fitur paling bermanfaat menurut saya adalah fitur translation dan built-in Wikipedia dimana apabila kita menemukan kata yang tidak kita ketahui, kita tidak usah repot-repot menggunakan Google Translate atau melihat kamus karena sudah tersedia Wikipedia dan kamus ke dalam memori internalnya. Ada juga fitur dimana kita bisa mengatur sendiri besar huruf, spacing yang kita inginkan, jenis font, pilihan untuk mengshare / copy teks dan masih banyak lagi

Kindle, cocok untuk siapa sih?

  • Sudah pasti cocok untuk mereka yang suka membaca.
  • Cocok untuk kalian yang suka baca dan doyan travelling sambil bepergian naek pesawat. Cocok juga untuk kalian yang suka baca namun menggunakan transportasi kereta atau TransJakarta sehingga apabila kalian kebetulan nunggu lama, maka Kindle cocok menemani kamu.
  • Cocok juga untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris dan ingin menguasai bahasa inggris dengan cepat, karena dengan adanya fitur yang ditawarkan di dalamnya seperti Word-Wise, Vocabulary Builder tentu bisa bikin kamu lebih cepet ngerti kata-kata yang kamu pelajari.
  • Untuk kalian yang yang mau berhemat dari tingginya harga buku fisik, Kindle juga cocok untuk kalian karena harga eBook jauh lebih murah daripada membeli buku fisik. (Oh ya, kalian juga bisa memesan eBook melalui saya loh #PromosiDikitBolehDong)

Kesimpulan

Menurut opini saya, Kindle tidak akan bisa menggantikan sensasi nikmatnya membaca buku fisik karena buku fisik entah kenapa memiliki misterinya sendiri. Apalagi kalau kamu suka melihat rak buku  kamu penuh dengan koleksi buku fisik. Tetapi kalau kamu seorang yang mobile dan gemar membaca atau sedang berencana berhemat serta malas membawa-bawa buku fisik yang berat dan besar (seperti buku Harry Potter kemana-mana), maka Kindle adalah pilihan alternatif yang cocok untuk kamu.

Mudah-mudahan saya akan setia dengan Kindle ini dan mudah-mudahan juga segera dapet rejeki nomplok sehingga saya bisa upgrade ke Kindle Paperwhite. Amin.©ctrevory

Advertisements

2 thoughts on “Mengupas New Kindle 2016 (Kindle 8th Generation)

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: