3 Juni 2017 – Seminar “Internet Marketing Revolution” 

Bertempat di Gedung BPPT 2 lantai 3, iPLUS Academy mengadakan seminar bertajuk Internet Marketing Revolution. Dibawakan oleh Bpk Marshyellino Cambey, SE, C.NLP, C.FT sejak pukul 08.00-13.00. Saya dan pasangan tiba pukul setengah delapan pagi, melakukan registrasi ulang dan kemudian menunggu untuk dapat masuk. Seperti biasa, seminar dibawakan mulai dari siapa pembicaranya, apa prestasi beliau, peluang bisnis apa yang kira-kira dapat berkembang dengan menggunakan internet, testimoni-testimoni dari para peserta maupun komunitas.

Kenapa saya dan pasangan tertarik mengikuti seminar ini?

Seminar ini berguna untuk mereka yang awam tentang dunia marketing online, khususnya untuk mereka yang mau terjun berbisnis online sebagai pekerjaan utama maupun paruh waktu, berhubung saya berniat untuk coba bermain di industri bisnis online, saya dan pasangan saya mencoba untuk menaruh investasi waktu kami di seminar ini.

Dari banner yang disediakan oleh panitia, dalam seminar ini para peserta akan belajar tentang:

  1. Riset Online Marketing
  2.  Jurus Membuat Website/Blog di hal.1 Mesin Pencari Google
  3.  Facebook Marketing
  4.  Instagram Marketing
  5. Website Marketing
  6. Memulai Bisnis Online dengan modal “MARKETING”
  7. Internet Sebagai Nilai Tambah dan Faktor Kali
  8. dan masih banyak lagi

Indonesia memiliki penduduk sebanyak 250 juta orang, apabila kita potong rata-rata berarti kita memiliki pasar sebesar 93 juta market potensial untuk produk atau jasa kita. Dari data APJI, statistik pengguna internet di Indonesia adalah 132.7 Juta dari total populasi penduduk Indonesia. Kalau kita ambil sepuluh persennya saja, berarti kita mendapatkan target market sebesar 13.2 juta.

Kenapa harus Go-Online?

Karena semua dari kita sudah online. Bahkan Google pun sudah mencapai 2.1 triliun pencarian per tahun 2016 akhir. Facebook sendiri sudah memiliki 18.6 miliar pengguna di seluruh dunia sampai Maret 2017. Instagram pun memiliki 600 juta pengguna aktif. Jadi bagaimana kita menggunakan kesempatan ini untuk meraih pangsa pasar tadi? Mari kita kupas satu-satu.

20170603_092023
Pembicara Bpk Marshyellino Cambey, SE, C.NLP, C.FT menyampaikan materi seminar

Menggunakan Facebook sebagai media online marketing kita

Apabila kamu ingin menggunakan Facebook sebagai marketing online kamu, maka langkah pertama adalah gunakan Fanpage. Karena pada dasarnya Facebook tidak mengijinkan halaman profil digunakan untuk berjualan. Apa saja keuntungan menggunakan fanpage?

  1. Kamu dapat menggunakan iklan di dalam fanpage dengan menggunakan Facebook Ads. Tenang, harganya cukup murah di kantong kok, dan enaknya kita dapat memilih sendiri target market kita, misalnya berdasarkan wilayah, gender dll.
  2. Dengan fanpage, kamu tidak hanya berjualan ke teman-teman di friendlist kamu saja, melainkan bisa ke orang lain (target market kamu lebih luas)
  3. Tidak ada batasan jumlah list di dalam fanpage, berbeda sekali dengan halaman profil dimana  jumlah teman dibatasi maksimal lima ribu orang.
  4. Saam seperti TV dan Radio, ada juga prime time di sosial media, yakni pukul 7-9 pagi, 12-2 siang, dan 6-8 malam.
  5. Dalam 6 bulan pertama, pastikan kamu rajin memposting. Minimal 10x posting. Yap! 10x posting. Tetapi pastikan juga agar postingan kamu itu beragam, bisa dengan kombinasi teks, video atau image.

Menggunakan Instagram sebagai media online marketing kita

Apabila kamu ingin menggunakan Instagram sebagai marketing online kamu, maka langkah pertama adalah pindahkan akun kamu ke Instagram Bisnis. Caranya? Gampang, klik ikon 3 titik di pojok kanan atas dan pilih ‘Switch to Business Profile’ di setting Account. Sudah? Nah, berikut adalah langkah-langkah berikutnya :

  1. Kamu juga dianjurkan untuk memasang jasa iklan yang disediakan oleh pihak Instagram.
  2. Gunakan Hashtag / #. Karena Instagram (hingga saat ini) memungkinkan kita untuk menggunakan 30 hashtag, mungkin kita berpikir bahwa semakin banyak kita menggunakan hashtag, maka produk kita akan semakin dikenal. Nope. Salah. Menurut penilitan Google, jumlah hashtag terbaik untuk digunakan adalah 11 hashtag.
  3. Cantumkan informasi jam buka toko kamu. Misalnya : Toko buka Senin s/d Jumat. 9am-6pm WIB. Kenapa, tujuannya tentu agar jam buku toko kamu jelas, memberikan informasi yang baik kepada customer serta mendidik customer untuk berinteraksi dengan kamu di jam-jam tersebut. Toh, kamu juga butuh istirahat, bukan?
  4. Jangan gunakan hanya satu nomor atau satu aplikasi social-chat. Ya, benar mungkin Whatsapp digunakan oleh banyak orang di Indonesia saat ini. Tetapi masih banyak juga loh yang menggunakan BBm, Line, Wechat atau Sms.
  5. Kalau customer kamu puas dengan produk atau jasa kamu, jangan ragu untuk minta testimoni ke mereka. Pastikan testimoni yang kamu ingin dapatkan sesuai dengan apa yang kamu mau. Misalnya kamu menjual alat make-up, kamu bisa meminta customer kamu untuk berpose dengan angle tertentu, meminta customer kamu menggunakan efek tertentu dan lainnya. Bagaimana kalau mereka tidak mau? Jangan putus asa, berikan diskon / gratis ongkos kirim / promo lainnya untuk pembelian berikutnya. Dijamin customer kamu pasti mau.

Menggunakan Google sebagai media online marketing kita

Perlu kamu ketahui bahwa untuk menggunakan Google sebagai media marketing online kita, Google memiliki dua sumber, yaitu SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization. Bedanya adalah SEM adalah produk berbayar dan akan masuk ke dalam Google Adwords.

Apa itu Google Adwords? Google AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Dengan semakin kompleks fitur-fitur di dalamnya, kemampuan kita untuk merencanakan strategi pemasaran online menjadi tidak terbatas. AdWords memungkinkan kamu untuk menargetkan calon pelanggan berdasarkan keyword, topik, lokasi, hingga waktu. Dan kamu dapat memulainya sesuai dengan budget pemasaran kamu juga loh. Bagaimana pembiayaan kalau kita mau menggunakan Google Adwords? Ada beberapa cara yang disediakan oleh Google Indonesia saat ini:

  • Biaya per 1,000 impresi (pay per thousand impression)
    Kamu akan dikenakan biaya setiap ada 1,000 orang yang melihat iklan kamu. Ini adalah cara yang bagus apabila kamu ingin lebih banyak di lihat atau membangun awareness di pasar.
  • Biaya per klik (pay per click)
    Kamu akan dikenakan biaya setiap kali ada yang klik iklan yang kamu pasang. Mungkin kamu takut ada yang mengisengi iklan kamu sehingga pihak-pihak kompetitor iseng mengklik iklan kamu terus agar kamu bayar mahal? Tenang, Google Adwords memiliki algoritmanya sendiri sehingga apabila mereka hanya melihat iklan kamu , kamutidak akan dikenakan biaya apa-apa.
  • Biaya per konversi (pay per conversion)
    Cara paling maju dalam periklanan karena kamu hanya membayar apabila goal iklan terpenuhi. Goal tersebut bisa berupa pendaftaran member, penjualan, lama waktu per kunjungan, dsb.
contoh-ad
Berikut adalah contoh produk yang menggunakan Adwords. Perhatikan bahwa terdapat kata Ad pada bagian bawah judul

Google sendiri menyediakan 4 Adword pada bagian atas halaman dan 3 Adword pada bagian bawah halaman. Sehingga total iklan yang ditampilkan adalah sebanyak 7 iklan pada satu halaman. Kebanyakan dari kita memiliki mindset bahwa iklan yang paling hebat adalah sudah pasti iklan di halaman satu dan paling atas. Anda salah, justru kebanyakan pengguna internet biasanya lebih banyak mengklik iklan nomor dua. Lalu bagaimana kalau iklan kita ada paling bawah? Tidak masalah. Karena tujuannya bukanlah menjadi nomor satu, nomor empat atau nomor buntut. Yang harus kamu capai adalah iklan kamu ada di halaman satu.

Benar bahwa dengan SEM, kamu dapat mengatur berapa lama iklan kamu tayang, kapan tayang dan sebagainya, tetapi kelemahan dari SEM ini adalah ketika budget kamu habis, maka otomatis iklan kamu akan hilang. Jadi, apakah dengan kita membayar Google Adwords, iklan kita sudah pasti akan dipasang di nomor satu? Tidak. Karena Google menggunakan sistem lelang dan kita tidak akan tahu kita adalah pihak pemenang lelang atau bukan.

Bagaimana menulis iklan SEM yang baik? Coba kamu lihat contoh iklan di atas, kalau kamu melihat empat iklan itu, mana yang menarik? Tentu yang nomor satu, alias iklan Traveloka, bukan? Kenapa? Karena ada artikel yang menerangkan tentang kemudahan-kemudahan yang akan kamu dapatkan kalau kamu menggunakan Traveloka.

Cara terbaik untuk menggunakan SEM dengan baik adalah hindari gunakan semua informasi, jangan berikan semua informasi yang kamu miliki. Serta buat judul iklan kamu semenarik mungkin sehingga pengunjung tertarik untuk mengklik iklan kamu.

Menggunakan SEO Google sebagai media online marketing kita

Setelah kita membahas SEM, mari kita bahas tentang SEO. Apa itu SEO? Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami alias tidak menggunakan iklan berbayar. Bingung? Kita ambil contoh mencari dengan pencarian “Brownies gandum” di Google.

gandum

Perhatikan bahwa ketika kita menglik pencarian brownies gandum, maka akan muncul website-website yang memperlihatkan tentang brownies gandum padahal si pemilik web tidak menggunakan iklan (tidak ada ikon Ad dibawah judul). Nah ini adalah fungsi dari SEO. Tentu Anda perlu mempelajari jurus-jurus tertentu dalam menggunakan SEO. Apa sajakah jurus tersebut?

  1. KKI (Kata Kunci Ide)
    Kata kunci adalah kata yang paling banyak digunakan orang untuk mencari produk atau jasa kita di dunia online. KKI haruslah SPESIFIK dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Kata Kunci Ide berfungsi juga untuk dijadikan judul dari artikel yang akan kamu munculkan nantinya.
  2. Artikel
    Setiap website atau SEO yang baik harus mengandung artikel di dalamnya. Kenapa? Karena Google adalah perusahaan informasi. Oleh karena itu sebenarnya masing-masing dari kita yang memberikan informasi itu kepada Google dalam bentuk artikel yang akan digunakan oleh Google sebagai kata kunci. Berbeda dengan website Lajada, Tohkopedia dll yang tidak terlalu mementingkan artikel karena mereka menggunakan SEM sebagai basis penjualan mereka. Begitu juga ketika kamu menaruh foto di dalam artikel kamu. Pastikan bahwa terdapat artikeldi bawah foto karena Google tidak dapat membaca image sebagai kata kunci dengan baik apabila tidak ada teks yang mendukung kterangan image tersebut.

    Bagaimana menulis artikel yang baik untuk SEO?
    Mudah. ada jurus 3/200. Artinya, cukup gunakan 3 paragraf dengan jumlah kata maksimal 200 huruf. Kuncinya adalah di paragraf pertama. Gunakan kata-kata yang menarik orang lain. Berikan benefit-benefit yang akan didapatkan customer ketika mereka menggunakan produk atau jasa kamu yang tidak akan mereka dapatkan dari pesaing kamu. Masukkan informasi tentang nomor telepon, website dan lainnya di paragraf dua dan tiga.
    Kamu juga diperbolehkan untuk mengulang Kata Kunci Ide sebanyak tiga kali. Apabila kamu mengulang Kata Kunci Ide lebih dari tiga kali, Google akan menganggap kamu melakukan Spamming alias Lebay.

  3. Jadikan Kata Kunci Ide kamu sebagai nama domain kamu
    Maksudnya? Misalkan kamu memiliki usaha makanan brownies gandum. Otomatis orang akan mengetik brownies gandum / jual brownies gandum di kata pencarian. Nah, kata brownies gandum dapat kamu gunakan menjadi nama domain website kamu menjadi http://www.browniesgandum.com misalnya.
  4. Hindari menggunakan kata sambung pada domain
    Ya, hindari menggunakan kata sambung seperti dash, underscore, & , titik, koma dan lainnya karena Google sendiri tidak menganjurkan hal tersebut karena dari segi algoritma Google, tidak baik untuk menggunakan kata sambung sebagai nama domain. Lalu bagaimana kalau nama domain kamu Jono dan Joni? Mudah! Ketimbang menggunakan http://www.jono&joni.com atau http://www.jonodanjoni.com, jadikan nama domain kamu http://www.jonojoni.com
  5. Kata Kunci Lokasi
    Adalah kata kata kunci yang berdasarkan lokasi tertentu dan berdasarkan hasil riset yang paling banyak dicari orang. Cara mencari tahu-nya bagaimana? Tenang, Google menyediakan Google trends yang bisa kamu akses di http://www.google.co.id/trends

    kue-kering
    Mari kita mengambil contoh mencari kata pencarian ‘Kue Kering’ pada Google Trends. Kita mencoba mengambil pencarian sejak tahun 2004 – sekarang. Grafik menunjukkan bahwa trend penjualan kue kering paling besar adalah menjelang Lebaran. Dan dari segi lokasi, ternyata bukan Jakarta / Bandung / Surabaya yang paling banyak mencari kue kering, melainkan Papua, Kalimantan dan Riau.

    Jadi apa hubungannya Kata Kunci Lokasi dengan Kata Kunci Ide?
    Kata Kunci Lokasi dapat digunakan untuk ditambahkan ke Kata Kunci Ide kamu. Sehingga kamu dapat menggunakan Kata Kunci Ide misalnya sebagai berikut : Kue Kering Papua, Jual kue kering Riau, dsb.

  6. Kata Kunci Turunan
    Adalah kata kunci yang paling banyak dicari orang setelah kata kunci Ide.
    kue-kering-2
    Dapat kita lihat di contoh di atas pada bagian kolom kanan bawah, bahwa Kata Kunci Turunan yang paling sering orang cari selain kue kering adalah resep, resep kue, resep kue kering. Sehingga kamu bisa saja memperbesar bisnis kamu dengan juga menyediakan beberapa resep kue kering untuk dibagikan kepada pengunjung untuk memperkuat SEO kamu.

Kesimpulan seminar

Untuk seminar dengan harga Rp 390.000, sebenarnya saya sudah mengetahui hampir semua materi yang diajarkan, namun tidak apa-apa, berhubung tujuan saya dan pasangan saya ingin belajar, tidak ada salahnya mengikuti seminar ini. Peserta juga mendapatkan 1 buku materi dan DVD seminar “Internet Marketing Revolution” dengan hashtag #CaraCerdasdanBenarBerbisnisOnline

Jujur, materi yang disampaikan sebenarnya sangat bagus untuk orang awam yang kurang mengerti atau tidak mengerti apa itu dunia marketing online. Cara penyampaian pembicara pun supel, asyik dan friendly. Namun (Mohon maaf sebelumnya) saya hanya kurang cocok dengan gaya seminar Bpk Marshyellino Cambey selaku pembicara ini karena (maaf sekali lagi) beliau sangat terinspirasi sekali dengan bapak Tung Desem Waringin, sehingga beliau mengadopsi cara seminar Bpk Tung Desem dimana di sela-sela pergantian materi, para peserta diajak untuk mengangkat tangan, lambai-lambaikan tangan, tepok peserta di kanan dan kiri kita. Untuk saya pribadi, hal tersebut justru sangat menganggu. (Ya, saya tipikal orang konservatif yang memilih untuk duduk manis diam ketika mengikuti seminar)

Oh ya, seperti biasa, tentu ada jebakan batman alias seminar lanjutan yang ditawarkan oleh iPlus Academy dalam bentuk workshop seharga Rp 5.500.000 dimana dalam workshop lanjutannya, para peserta akan diajarkan untuk membuat website marketing onlinenya sendiri hingga selesai hari itu dengan menggunakan wordpress, membeli domain dan hostingnya sendiri beserta dengan SEO-nya sehingga website para peserta muncul di halaman satu Google yang akan diselenggarakan pada

Waktu :  10 Juni, 2017, Pukul 08.00-20.00 WIB
Lokasi : Fave Hotel, Jalan KH Zainul Arifin no 15-17 Jakarta
Phone: 0813 191 888 55
Event Type: workshop
Organized By: iPLUS Academy

Dari testimoni workshop yang ditampilkan, peserta paling muda ialah seorang anak berusia sebelas tahun dan seorang nenek berusia enam puluhan tahun. Peserta seminar juga seperti biasa dianjurkan untuk masuk ke dalam komunitas mereka agar dapat dibimbing, dicoaching dan bertemu dengan teman-teman baru lainnya untuk saling mendukung satu sama lain.

Sekian isi seminar yang saya ikuti dari iPlusAcademy ini. Feel Free untuk komen dan share tulisan ini kepada orang-orang yang kalian rasa membutuhkan informasi ini. Thanks. ©ctrevory


Tentang iPlusAcademy :
http://www.iplusacademy.com
021-53161276
iPLUSAcademy@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: