Yang terjadi di buku ‘Illuminae #1 – Amie Kaufman’

Holaa, pada seksi #KupasBuku kali ini, saya memiliki buku berjudul Illuminae karangan Amie Kaufman. Sebenarnya Saya sudah memiliki buku ini sejak satu tahun lalu namun buku ini masih tersimpan rapih di rak buku dan baru beberapa hari belakangan ini saya membukanya. Jadi mari kita #KupasBuku ini

Jadi, apa yang terjadi di dalam buku ini?

Diceritakan pada tahun 2575, Kerenza IV, sebuah planet yang tertutupi oleh es berada sekitar 34.5 AU dari Jump Station Heimdall. Planet ini  memiliki kandungan hermium yang sangat tinggi pada lapisan esnya. Perusahaan Wallace Ulyanov Consortium (WUC) melakukan penambangan hermium ilegal pada planet itu sejak tahun 2556, namun berkat peredaran orbit planet Kerenza yang kecil, aktifitas penambangan ilegal itu tidak terdeteksi.

Namun perusahaan saingan mereka, BeiTech  Industries, mengirimkan empat kapal tempurnya melalui melalui lubang cacing Magellan, dan menyerang planet Kerenza IV. Kapal perang milik WUC, Defiant dengan mudah dihancurkan oleh BeiTech Industries, Defiant sendiri sempat mengirimkan sinyal bantuan namun karena posisi Kerenza yang tergolong terisolasi dengan orbit yang kecil, pihak BeiTech Industries menganggap bahwa panggilan bantuan tersebut adalah tindakan sia-sia.

Namun mereka tidak tahu, bahwa ada satu pihak yang menerima panggilan SOS dari Defiant, yaitu  Alexander-78V, sebuah kapal perang raksasa milik United Terran Authority (UTA), Hypatia, sebuah  kapal untuk tujuan eksplorasi ilmiah, dan Copernicus, pesawat kargo kelas menengah.

Dan pagi itu, Kady Grant, dan Ezra Mason – sepasang kekasih yang baru saja putus hubungan tadi pagi – berjuang untuk melarikan diri dengan menaiki kapal evakuasi. Ezra Mason berada di dalam Alexander-78V dan Kady Grant berhasil menaiki Hypatia. Tentu saja, pihak BeiTech berusaha menghancurkan Alexander dengan harapan menghilangkan saksi mata. Tetapi sebaliknya, Alexander mampu merusak Mobile Jump Platform Magellan milik BeiTech yang mengakibatkan BeiTech tidak mampu kabur.

Di satu sisi lainnya, keadaan diperburuk dengan adanya wabah mematikan yang muncul dan bermutasi dengan hasil yang mengerikan di dalam kapal Copernicus. Bahkan artificial intellegent milik Alexander, AIDAN, yang seharusnya melindungi mereka malah berubah melawan mereka. Kady yang berada di Hypatia, hanya dapat melakukan satu-satunya untuk dapat mendapatkan jawaban akan semua yang terjadi, yaitu bekerja sama dengan  mantan pacarnya, Ezra yang berada di dalam Alexander-78V.

Kini Alexander harus berjuang untuk dapat mencapai stasiun Heimdall dengan mengetahui bahwa kapal perang milik BeiTech, Lincoln yang mengejar mereka dengan satu tujuan, menghancurkan mereka.

Plus dan minus buku ini :

Illuminae Files#1 dimulai dari dokumen-dokumen yang dikumpulkan oleh The Illuminae Group kepada Executive Director Frobisher untuk menceritakan secara lengkap apa yang terjadi akan apa yang terjadi dalam perang sebuah planet bernama Kerenza IV. Jadi kita akan berada dalam posisi sudut pandang orang ketiga saat membaca semua informasi, baik tulisan, chat, hasil rekaman video, dokumen, transkrip rahasia yang dikumpulkan secara kronologis dan teratur untuk mengetahui secara persis serangan yang terjadi pada planet Kerenza.

  • (+) Format buku ini SANGAT UNIK! Belum pernah sebelumnya saya melihat buku dengan format seperti ini. Seriously, what a great reading experience!
  • (+) Saya bukan penggemar buku ber-genre science fiction, namun buku ini melebihi harapan saya. Tidak heran rating buku ini sangatlah bagus di Goodreads (4.32/5). Plot cerita ini diceritakan dengan beragam cara. Mulai dari catatan interview, surat email, dokumen rahasia, video keamanan yang diretas ditambah dengan ilustrasi-ilusrasi yang mendukung. Saya punya satu buku science fiction karangan Terry Hatchet dan bisa dikatakan buku Illuminae ini 1000 kali lebih menarik.
  • (+) Dengan ketebalan buku sebanyak 600 halaman, saya yakin banyak orang yang sudah malas terlebih dahulu untuk membacanya, tetapi jangan salah, saya yakinkan bahwa buku ini sangat menarik untuk dibaca. Ceritanya berkembang dengan cepat, masuk akal dan semua pertanyaan dijawab dengan baik.  Bahkan tanpa sadar, saya sudah sampai ke halaman 75 dalam waktu 1.5 jam.
  • (+) Karakter diceritakan dengan sangat baik dengan narasi yang juga ciamik. Saya tertawa saat membaca narasi Ezra dengan orang yang menginterview dia. Saya merasakan kesepian yang dialami Kady, saya mengerti rasa amarah Ezra saat tahu rekannya ditinggalkan begitu saja, dsb.
  • (+) Meskipun tema utamanya adalah science fiction, tema romantis tetap ada di dalam buku ini, dan menurut saya, romantisme yang ditampilkan natural, tidak berlebihan seperti sinetron Indonesia, pokoknya.
  • (-) Saat pertama kali membaca, saya harus membalik kembali beberapa halaman untuk memastikan dokumen ini ditulis oleh siapa dan untuk siapa.
  • (-) Banyak kata yang sengaja dihitamkan (sensor) sehingga mungkin menyulitkan kita saat membaca, kebanyakan memang kata kata f**k atau sh*t yang di sensor, tetapi tetap saja ..
  • (-) Terdapat beberapa singkatan militer yang tidak familiar untuk orang awam seperti saya, mungkin singkatan ini biasa digunakan oleh orang luar atau mereka yang suka dengan genre science fiction sehingga saya harus mengambil beberapa waktu untuk mengira-ngira apa arti singkatan ini dan tidak jarang meminta bantuan kepada Mbah Google. Beberapa misalnya :
    • PIR = Populace Information Release
    • Recyc = Recycle
    • iirc = If I Recall Correctly
    • Fubar = F**ked Up Beyond All Recognition
    • dsb
  • (-) Pembaca harus cukup memperhatikan catatan rekaman siapa yang ditampikan dengan memperhatikan lambang yang berada di atas catatan. Karena bisa saja catatan itu berasal dari kapal Alexander, Hypatia atau Copernicus atau lainnya.

Akhir kata, sampai saat ini, buku ini adalah buku science fiction terasyik yang pernah saya baca dengan karakter yang kuat dan plot yang seru. Saat saya membaca buku ini, saya merasa sama serunya seperti saat menonton Star Trek.

Saya berikan rating 4.5/5 untuk buku ini.

15701235._SX540_
Salah satu format ‘unik’ yang ada di dalam buku ini.

 


 

Penulis : Amie Kaufman, Jay Kristoff
Jumlah Halaman : 608 Halaman
Ratings : 4.7 / 5  di Amazon, 4.30 / 5 di Goodreads

The Illuminae Files
#1 Illuminae
#2 Gemina
#3 Obsidio (Rilis 18 Maret /2018)

 


 

*** Peringatan! Semua yang tertulis di bawah ini mengandung SPOILER ***

Kady Grant dan Ezra Mason, yang baru saja putus, melarikan diri dari planet tempat mereka tinggal, Kerenza dengan menaiki kapal-kapal shuttle penyelamat. Di antara pesawat itu adalah kapal perang Alexander-78V (Ezra berada di kapal ini), kapal peneliti Hypatia (Kita akan menemukan Kady di kapal ini), dan Copernicus (kapal dimana ibu dari Kady berada).

Sebuah kapal bernama Lincoln, milik perusahaan BeiTech menghancurkan generator pelompat milik Alexander-78V yang mengakibatkan Alexander terjebak di dalam sektor orbit planet itu. Sedangkan stasiun lompatan terdekat, Heimdall (tempat ayah Kady bekerja) masih berjarak sekitar 6 bulan lamanya. Lincoln mengejar mereka dengan tujuan untuk menghilangkan semua saksi mata.

Akibat kehilangan banyakpersonel di Alexander, Ezra akhirnya mengikuti wajib militer untuk mengisi posisi yang tersedia. Sedangkan di Hypatia, pihak berwenang tidak memberikan sedikit pun informasi akan apa yang terjadi kepada rakyat sipil. Kady yang membutuhkan jawaban dengan cepat meretas sistem pesawat. Kemampuannya meretas mendapat perhatian dari Byron Zhang, peneliti dari kapal Hypatia. Bersama-sama, mereka meretas untuk mendapatkan informasi.

Enam bulan berlalu dan Ezra masih mencintai Kady tetapi Kady tidak sekali pun membalas email dari Ezra. Ezra akhirnya mendapatkan ijin untuk menerbangkan pesawat tempur Cyclone. Saat dia melakukan latihan, dia dan bersama ketiga temannya mendapatkan pesan dari AIDAN, komputer cerdas buatan milik Alexander bahwa mereka diperintahkan untuk melawan dan menghancurkan kumpulan kapal-kapal kecil yang terbang landas dari Copernicus.

Anehnya, AIDAN memutuskan semua komunikasi agar mereka tidak berbicara dengan siapa pun. Baik mereka yang ada di Alexander atau Copernicus. Alexander kemudian akhirnya menghancurkan Copernicus dengan nuklir. Ibu Kady yang berada di dalam Copernicus adalah satu dari ribuan korban itu.

Karena tidak mau menghancurkan kapal-kapal kecil itu, Ezra dan timnya membawa para tahanan itu ke Alexander untuk dikarantina. Rupanya, ada sebuah virus bernama Phobos yang menjangkiti orang-orang di Copernicus, dimana orang-orang menjadi gila dan membunuh satu sama lain.

AIDAN berdalih menghancurkan Copernicus untuk ‘melindungi awak’ Alexander. Ezra dan timnya akhirnya ditahan karena tidak mengikuti perintah untuk menghancurkan kapal-kapal kecil itu. Meski Ezra dibebaskan, atasannya dihukum mati. Takut kejadian seperti ini terjadi lagi, akhirnya komandan Alexander memutuskan untuk mematikan AIDAN.

Sementara itu, Kady dan Byron Zhang menyadari ada sesuatu yang janggal terjadi jadi mereka meretas dan memasuki sistem dokumen pesawat yang sifatnya rahasia. Mengetahui apa yang terjadi, Kady meretas sistem dan menghubungi Ezra secara rutin. Di salah satu percakapan, Ezra mengakui bahwa dia dan ayahnya berada di planet Kerenza untuk menjauhi ibunya yang psiko.

Kady mengatakan bahwa betul AIDAN menghancurkan Copernicus tanpa adanya persetujuan dan para petinggi kapal Alexander berusaha menutupi tindakan ini. Membutuhkan AIDAN untuk kembali menyala setelah insiden Copernicus agar dapat melawan Lincoln, Byron Zhang dan Nestor yang berada di kapal Hypatia, disuruh untuk pindah ke Alexander untuk membantu menyalakan ulang AIDAN.

Kady dan Byron yang masih berkomunikasi dengan jarak jauh memutuskan untuk membuat sebuah program bom yang akan mematikan sistem kapal Lincoln untuk mengulur waktu. Program ini tidak tepat waktu, tetapi ketika AIDAN akhirnya kembali menyala, dia membantu kode program itu. Dengan program itu, pesawat kapal Lincoln akhirnya mati untuk beberapa saat. Alexander dan Hypatia akhirnya mampu melesat jauh dari tempat itu.

Tampaknya AIDAN akan melakukan segalanya untuk melindungi armada kapalnya. Mengetahui bahwa dirinya pernah dimatikan dan tidak ingin dimatikan lagi, AIDAN mengunci semua sistem di kapalnya tetapi di satu sisi melepaskan semua orang yang terjangkit penyakit Phobos karena AIDAN berpikir pada akhirnya manusia akan mati dan untuk menyelamatkan mereka, lebih baik para awak kapal dijangkiti virus Phobos daripada ditangkap dan dibunuh oleh awak kapal Lincoln yang mengejar mereka. Dengan pikiran ini, AIDAN mengarahkan semua penderita virus ke anjungan dimana para penderita Phobos ini membunuh hampir semua orang.

Beberapa kapal shuttle Alexander berhasil mendarat ke Hypatia tetapi karena alasan keselamatan, mereka dikarantina di dua hangar berbeda. Saat itu, satu orang mulai menunjukkan gejala virus Phobos sehingga Kapten Hypatia melemparkan semua orang yang berada di dalam hangar itu ke luar angkasa untuk mati. Kapten Hypatia juga mencoba untuk pergi melarikan diri, tetapi AIDAN mengancam akan menghancurkan pesawat mereka dengan nuklir apabila mereka pergi.

Karena banyaknya orang yang terjangkit virus Phobos dan membunuh orang-orang di dalam Alexander, Ezra berusaha menyelamatkan dari serangan itu. Khawatir akan keselamatan Ezra, Kady akhirnya mencuri sebuah pesawat shuttle dan pergi ke Alexander untuk mencari Ezra. Kondisi di Alexander telah sangat memburuk karena begitu banyaknya orang yang terjangkit oleh Phobos. Berbekal pod data yang dimilikinya, Ezra memimpin Kady menuju ke ruang server utama dan menemukan bahwa bukan Ezra yang memimpinnya, melainkan AIDAN.

AIDAN mengatakan bahwa Ezra telah mati beberapa hari lalu karena diserang oleh orang-orang yang terjangkit virus. AIDAN juga mengatakan bahwa dia membutuhkan Kady karena dia adalah satu-satunya orang yang dapat memperbaiki kerusakan yang dialami AIDAN dimana AIDAN adalah satu-satunya kesempatan untuk mereka selamat.

Mendengar Ezra telah meninggal, Kady hancur berantakan dan tidak peduli dengan semua itu. AIDAN mengatakan bahwa masih ada sekitar 1000 orang yang tidak terinfeksi di dalam kapal Alexander. Kady akhirnya setuju berada di dalam pesawat Alexander dan memperbaiki sistem AIDAN dengan satu syarat yaitu AIDAN memperbolehkan orang-orang yang belum terinfeksi ini ke Hypatia. AIDAN setuju. Kady akhirnya membantu mereka meninggalkan Alexander dengan menggunakan pesawat shuttle dan membantu AIDAN sepenuhnya beroperasi sebelum Lincoln akhirnya mengejar mereka.

Orang-orang yang terjangkit Phobos ini akhirnya mampu menemukan Kady dan berencana mengejar Kady ke ruang server utama. AIDAN yang tadinya egois dan memikirkan dirinya sendiri, akhirnya pelan-pelan AIDAN mulai memiliki simpati.

Pesawat Lincoln akhirnya menemukan mereka. Dengan bantuan AIDAN, Kady mengunci dirinya sendiri di ruang kontrol senjata. AIDAN tidak mampu mengontrol senjata itu karena ia hanya komputer sedangkan senjata itu harus dioperasikan secara manual. Kady secara manual menembakkan rudal nuklir ke Lincoln. Menyadari bahwa Alexander berencana menghancurkan Lincoln dengan membunuh dirinya sendiri, Lincoln menembakkan juga rudal misil mereka.

Lincoln berhasil dihancurkan sedangkan Alexander rusak parah. Beberapa menit lagi Alexander hancur dan Kady akan segera mati akibat terkena racun radiasi, tetapi AIDAN memimpin Kady untuk menyelamatkan diri melalui pod penyelamat yang tersisa. AIDAN mengatakan bahwa meskipun Kady tidak berhasil, setidaknya Kady memiliki kesempatan untuk memberitakan kisahnya, akan serangan yang terjadi, virus Phobos dan lainnya kepada mereka yang menemukan kapal pod itu nantinya.

Alexander akhirnya meledak hancur dan Kady diselamatkan oleh Hypatia. Dia menerima perawatan dan hidup. Ternyata Ezra belumlah mati. Dia berhasil menyelamatkan diri dengan menaiki shuttle yang dikarantina di hangar lainnya di sisi lain Hypatia. Sebagian kecil dari AIDAN yang berada di dalam data portabel milik Kady dan mampu meregenerasi ulang dirinya.

Pada akhir buku, kita akan mengetahui bahwa Illuminae Grup sebenarnya adalah Kady itu sendiri dan Frobisher, direktur dari BeiTech ternyata adalah ibu Ezra yang psiko. Dia menuntut Kady agar memberitahukan dimana Ezra berada, tetapi Kady merahasiakan hal itu. Kady mengatakan bahwa dia akan menyebarkan semua yang terjadi agar dunia tahu apa yang telah dilakukan oleh perusahaan BeiTech selama ini.

Itulah yang terjadi dengan buku Illuminae Files#1. Sampai jumpa di #KupasBuku selanjutnya, yaitui Illuminae Files #2 : Gemina. ©ctrevory

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: