2 Juni 2017 – Mengurus Paspor dengan aplikasi ‘PASPOR ONLINE’ berbasis Android

Horee.. Sejak tanggal 10 Mei 2017 kemarin, untuk meningkatkan pelayanan paspor, Direktorat Jenderal Imigrasi menerapkan aplikasi bernama  PASPOR ONLINE berbasis android yang dapat diunduh secara gratis di Google Playstore dimana aplikasi ini memberikan kemudahan kepada pemohon paspor sehingga tidak perlu lagi melakukan antrian secara langsung di Kantor Imigrasi.

Andaikan aplikasi ini sudah ada saat saya mengurus paspor sebelumnya, maka saya yakin saya akan menulis blogpost ini. Tetapi meski demikian, terima kasih kepada Direktorat Jenderal Imigrasi yang (akhirnya) telah membuat aplikasi yang memudahkan para pemohon paspor untuk ke depannya.

Sebagai bentuk majunya keimigrasian Indonesia dalam program E-Governor, maka aplikasi ini dibuat untuk menghindari penumpukan calon pemohon paspor di unit layanan paspor / kantor imigrasi. Oleh karena itu aplikasi ini dibuat sedemikian rupa agar masyarakat yang ingin membuat paspor tidak lagi perlu lagi mengantri di loket antrian unit layanan paspor.

Cukup dengan meregistrasikan diri di aplikasi android, pemohon paspor dapat langsung memperoleh nomor antrian dan juga kejelasan kapan masyarakat tersebut akan dilayani di kantor imigrasi / unit layanan paspor.

Selain itu, dalam semua jajaran aplikasi permohonan paspor ini, masyarakat dapat memohon antrian sebanyak 5 permohonan, hal ini dilakukan untuk mempersingkat antrian jika ada pemohon yang ingin membuat paspor bersama keluarganya. Canggih kan? Simak E-flyer di bawah untuk informasi lebih lanjutnya.

Halaman-1halaman-2

Penilaian tentang Aplikasi ini

  • Pengurusan paspor menjadi lebih cepat pastinya.
  • Biaya yang dikeluarkan saat mengurus paspor tipe biasa 24 halaman (bukan E-Paspor) sebesar Rp 155.000 saja. 
  • Paspor dapat diambil 1-3 hari kerja setelah pembayaran. 
  • Karena aplikasi ini masih baru, sepertinya masih banyak bugs yang harus diperhatikan karena aplikasi ini sepertinya sering error sehingga harus dicoba lagi beberapa saat berikutnya (Bisa jadi esokannya baru bisa)
  • Pernah juga terjadi force closed saat pengisian username. Entah apakah karena username yang terlalu pendek atau username sudah diambil orang lain, kurang jelas penyebabnya. 
  • Ketika terjadi error, warning yang seharusnya muncul malah tidak muncul. Tetapi anehnya, ketika menggunakan nama username yang lebih panjang karakternya, masalah teratasi.
  • Seharusnya pada saat kita selesai mendaftar, kita mendapatkan notifikasi email tentang detil pendaftaran namun hingga detik blog ini ditulis, tidak ada konfirmasi email yang masuk.
  • Mudah-mudahan akan segera muncul versi website dan IOS-nya.

Bagaimana dengan kalian? Sudah beralih menggunakan aplikasi ini belum saat mengurus paspor belum? Yuk, berikan komentar di kolom komentar di bawah tentang plus dan minus aplikasi ini. Mudah-mudahan kekurangan yang ada di dalam aplikasi ini didengar oleh Direktorat Jenderal Keimigrasian agar lebih canggih lagi dalam E-Governor mendatang. ©ctrevory

Advertisements

2 thoughts on “2 Juni 2017 – Mengurus Paspor dengan aplikasi ‘PASPOR ONLINE’ berbasis Android

Add yours

    1. untuk aplikasinya udah lumayan membantu koq, ,,,cuman koq notifikasi untuk rincian pembayaran ke bank nya gak ada..cmn dapat nomor antrian aja dan waktu kedatangan d pihak imigrasinya aja,,,selanjutnya gimana,,,mohon info.thanks

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: