8 Mei 2017 – Mengurus Catatan Sipil Setelah Menikah

Hal selanjutnya setelah melakukan pernikahan adalah masuk ke dalam proses administrasi. Tentu, sebagai warga negara yang baik tidak cukup apabila hanya memegang dokumen pernikahan dari instansi keagamaan, kita juga harus memiliki dokumen resmi dari negara dong. Jadi blog kali ini adalah tentang mengurus proses catatan sipil. Untuk kalian yang sedang berencana untuk mengurus proses catatan sipil juga, mudah-mudahan blogpost ini membantu ya.

Berhubung memang saya dan pasangan tidak melakukan proses catatan sipil pada saat hari H #repot #MalesBayarPetugasnya, jadi kami memilih untuk mengurus proses ini setelah pulang dari honeymoon. Terima kasih kepada mbah Google, saya setidaknya mengetahui kira-kira dokumen apa saja yang harus saya bawa saat mengurus catatan sipil, jadi pada tanggal 8 Mei 2017 saya menuju ke kantor suku dinas kependudukan Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Meruya Utara No.5, Jakarta Barat (021.5890 2656 / 0212. 5890 2657)

Ingat bahwa kamu perlu untuk rapih untuk datang ke Suku Dinas Kependudukan ini ya. Yang penting adalah jangan menggunakan celana pendek dan sandal jepit karena saat saya mengurus ini ada bapak-bapak yang mengantar istrinya dan dia tidak diperbolehkan masuk karena mengenakan celana pendek.

8 Mei – Mengurus Surat Pengantar di Suku Dinas Kependudukan Jakarta Barat

Begitu masuk ke dalam area parkir, kamu akan diberikan karcis parkir oleh juru parkir. Setahu saya parkir disini gratis, cukup kembalikan kartu parkirnya, namun saya tetap memberikan uang parkir 2rb seperti biasa.

Jujur, saya paling malas kalau berurusan dengan orang pemerintahan karena dalam benak saya, pasti lama, prosesnya manual dan hal-hal lain yang membuat saya enggan untuk berurusan dengan urusan pemerintahan. Tetapi terima kasih atas perubahan revolusi mental yang terjadi di negara ini, ternyata dugaan saya salah.Β  Ketika masuk, petugas di sebelah kiri saya dengan ramah menanyakan keperluan saya. Berhubung saya mengurus akta pernikahan catatan sipil, saya diberikan kertas nomor antri dengan kode A.

20170508_105333
Nomor antrian. Pastikan map kamu berwarna merah.
20170508_105804
Suasana di dalam kantor Suku Dinas Kependudukan Jakarta Barat

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mengurus Catatan sipil adalah mengambil formulir yang harus diisi oleh kamu dan pasangan. Formulir ini terdiri atas 8 halaman yang intinya berupa surat pernyataan dan data diri kalian. KalianΒ  dapat mengisi sendiri di tempat atau membawa pulang formulirnya apabila dokumen kalian belum lengkap. Apabila semua data dan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, lanjutkan ke proses pengecekan dokumen. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus kamu dan pasangan persiapkan untuk pengecekan dokumen:

  • Map berwarna merah untuk menyimpan semua berkas persyaratan (Ya, HARUS berwarna merah ya)
  • Surat pemberkatan dari Gereja / Vihara / Pura (asli dan copy) + ada bukti Legalisir apabila lebih dari 60 hari)
  • Fotokopi surat baptis untuk mereka yang beragama Kristiani
  • Surat keterangan dari Kelurahan berupa surat N1, N2, N4 + PM1 (DKI) dari kedua mempelai
  • Fotokopi KTP dan KK kedua mempelai
  • Fotokopi Akta Kelahiran kedua mempelai (Lampirkan dokumen asli juga)
  • Pas foto berdampingan ukuran 4 x 6 berwarna sebanyak 5 lembar (Foto harus foto terbaru, tanpa rekayasa camera 360 dsb, tidak buram dan berpakaian rapih ya)
  • Fotokopi KTP dua orang saksi selain orang tua.
  • Fotokopi KTP orang tua kedua mempelai.
  • Surat pernyataan belum pernah menikah di atas materai Rp.6000 dan diketahui oleh 2 orang saksi + Stempel RT/RW Setempat.

Saya sendiri sempat bermasalah dengan salah satu dokumen saya karena tidak membawa fotokopinya, beruntung tempat lokasi fotokopinya berada tidak jauh dari gedung ini. Lokasinya berada tepat di samping gedung. Cukup tanyakan kepada petugas setempat kalau kamu tidak menemukan tempat fotokopinya.

Ketika pengecekan dokumen kamu selesai dan tidak memiliki masalah, kamu akan diberikan Tanda Terima Berkas Akta Perkawinan seperti di bawah yang menunjukkan bahwa kapan tanggal sidang kamu.

20170508_114438
Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan Jakarta yang menyatakan bahwa tanggal sidang saya adalah tanggal 23 Mei 2017.

Berhubung pasangan saya masih berdomisili di Bekasi, petugasnya mengatakan bahwa saya membutuhkan surat keterangan domisili dari Suku Dinas Kependudukan Bekasi untuk dapat melakukan sidang. #Haiyaah. Jadi setelah saya selesai mendapatkan surat tanda terima berkas, saya diarahkan ke sebuah ruangan dimana saya dibuatkan surat pengantar untuk diberikan kepada Suku Dinas Kependudukan Bekasi yang mana surat tersebut akan selesai dalam waktu 10 hari kerja.

Wait, 10 hari kerja? Berarti lewat dong tanggal sidangnya? Tenang, petugasnya mengatakan bahwa tanggal sidang boleh undur, yang penting dapatkan dulu surat pengantar dari Bekasi karena surat ini tidak dapat diwakilkan dan harus kita yang mengambil dan mengantar. Baiklah. Dengan demikian berarti kita dapat mengatur sendiri kapan jadwal sidang yang kita inginkan. Saya dan pasangan memutuskan untuk datang sidang tanggal 8 Juni 2017.

12 Mei – Mengurus Surat Pengantar di Suku Dinas Kependudukan Bekasi

Berhubung saya tidak tahu dimana lokasi Suku Dinas Kependudukan Bekasi, saya menggunakan Google Maps sebagai patokan dan harus bersiap-siap pantat menjadi tepos karena mengendarai motor selama kurang lebih 2 jam ke Bekasi. Lokasi tepatnya ada di Jl. Ir. Juanda No 100, Bekasi (021.883 42729)

Sesampainya disana, sama seperti di kantor Suku Dinas Jakarta, kamu akan diberikan karcis parkir saat masuk ke area parkir. Untuk mengurus Akta Perkawinan, gedungnya beradadi paling pojok kanan. Sayang, suasananya tidak ‘secanggih’ seperti di Suku Dinas Kependudukan Jakarta, karena tidak ada petugas yang melayani saya saat datang menjadikan saya harus mencari sendiri hanya untuk sekedar bertanya dimana mengurus surat pengantar yang dimaksud.

Kebetulan saat itu, saya menemukan seorang petugas yang sedang dibombardir pertanyaan dari para calon pengurus. Setelah menunggu, saya diarahkan menuju ke loket 5 (yang mana tidak ada plang yang menyatakan dimana lokasi loket 5 #Aneh)

20170531_130433
Suasana pengambilan nomor antrian di Suku Dinas Kependudukan Bekasi yang masih terasa ‘manual’

Setelah menunggu jam istirahat dan mengeyangkan perut dengan satu porsi Bakwan Malang, saya akhirnya memberikan surat pengantar yang diberikan dari Suku Dinas Kependudukan Jakarta kepada petugas yang berjaga. Lalu saya diberikan surat keterangan yang menyatakan dokumen pengantar yang dibutuhkan selesai pada tanggal 31 Mei 2017. Jadi nanti saya harus kembali lagi ke Bekasi tanggal 31 Mei untuk mengambil surat yang dimaksud. #PantatTeposLagiDeh

20170602_152047
Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan Bekasi yang menyatakan bahwa surat keterangan saya selesai pada tanggal 31 Mei 2017

31 Mei – Mengambil Surat Pengantar di Suku Dinas Kependudukan Bekasi

Hari yang ditunggu telah tiba. Hari ini tiba saatnya mengambil Surat Pengantar yang akan digunakan untuk sidang. Berhubung saya sudah mengetahui lokasi tempat Suku Dinas Kependudukan Bekasi, saya menjadi lebih cepat sampai kesana. Dan berikut adalah surat asli yang dibutuhkan oleh Suku Dinas Kependudukan Jakarta untuk dibawa saat sidang. Dan akhirnya surat yang dimaksud selesai. Horeee .. tinggal menunggu jadwal sidang tanggal 8 Juni 2017 nanti.

Catatan-Sipil-9
Demi secarik surat ini, harus 2x bolak-balik ke Bekasi, mengendarai motor selama kurleb 4 jam bolak balik dan pantat tepos. #oops

8 Juni – Proses Sidang

Akhirnya setelah delay selama 2 minggu karena ada urusan pribadi, akhirnya kami datang juga ke sidang untuk catatan sipil ini. Datang dengan pakaian rapih pukul 10 pagi bersama dua orang teman yang berperan sebagai saksi. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melapor dulu ke petugas untuk kemudian diarahkan ke ruangan untuk pengecekan berkas-berkas yang sudah diberikan terlebih dahulu.

Setelah pengecekan selesai, kami diarahkan naik ke lantai 2 sambil dipersilahkan duduk. Dalam bayangan saya, yang namanya sidang kayanya petugasnya sudah tua ternyata petugasnya masih muda. Ngobrol-ngobrol sebentar untuk mencairkan suasana lalu kami didata dan dibacakan kembali (secara lantang) oleh si petugas seperti nama, tanggal lahir, nama orang tua dll agar tidak ada kesalahan. Setelah yakin tidak ada kesalahan maka pihak pria dan perempuan menandatangani surat akta dan selesai sudah semua proses pembuatan catatan sipil setelah menikah. Gak perlu repot-repot meminta foto selfie / dokumentasi karena hakim sidang memiliki asisten yang bertugas untuk mendokumentasikan proses sidang.

Demikian semua rangkaian proses pembuatan catatan sipil. Mudah-mudahan informasinya berguna. Kalau kamu punya pertanyaan atau cerita seru mengenai pembuatan akta, silahkan share di kolom komentar ya. Thx u. @ctrevory

20170608_112328
Muka-muka sumringah setelah selesai. Dengan ini kami SAH menjadi suami istri di mata negara dan Hukum. Saatnya makan.

45 thoughts on “8 Mei 2017 – Mengurus Catatan Sipil Setelah Menikah

Add yours

      1. sayangnya setau saya negara kita kurang fleksibel soal nikah beda agama, jadi kayanya jawabannya nda iso sis.

        Sedikit cerita kemarin ntu waktu saya urus surat pindah, ada pasangan yang beda agama (si wanita muslim, si pria Nasrani) petugas catatan sipilnya nyuruh si wanita untuk ikut agama calon suami (karena memang setau saya biasanya pihak wanita yang BIASANYA mengikuti agama calon suami) jadi si wanita harus dapat surat pengantar, urus dulu surat pindah agama, dan bbrp surat lainnya. (agak repot memang) tapi coba ditanya-tanya ya. sapa tau saya salah ya.

        Like

  1. Kalau boleh tau yang dilegalisir apa saja yah selain akte nikah (karena Saya juga lewat 60 hari sejak terjadinya pernikahan) terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Like

  2. Kalau boleh tau yang dilegalisir apa saja yah selain akte nikah (karena Saya juga lewat 60 hari sejak terjadinya pernikahan) terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Like

    1. Butuh. Pada saat pengurusan dokumen pun fotokopi KTP saksi akan diminta. Tapi kmrn ada temen pas ngurus karena urgent saksinya yaa orang2 yang lg mau sidang jg. Jadi gantian minta tolongnya. πŸ˜…πŸ˜…

      Like

  3. Ooohh jadi saya dan pasangan tinggal dtg pas hari yang diinginkan , dan bawa kelengkapan + surat keterangan jadwal yaa ? Aku perlu lapor dl by phone ga sm petugas nya? Was2 jg soalnya kan aku baca kl km diundur krn sedang ngurus surat ketrangan, kl sy krn faktor lain, apa gapapa ya? Worry bgt soalnyaaa huhuu thankss bgt ud reply yaa

    Like

    1. yap.. bawa kelengkapan + surat keterangan jadwal saja (surat kelengkapan biasanya sudah diambil sama petugas kan?)

      kalau was-was boleh ditelepon dulu ke cabang terkait biar gak worry yaa.. mudah2an lancar ya semuanya.

      Like

  4. Hi…thanks bgt artikelnya membantu sekali..
    Kita lg mau ngurus jg nih.. cm kondisinya aku dari luar jakarta.. jd ngurus bikin akta dl atau pindah ke jkt dl ya (ktp n kk) or bs bersamaan..
    Thanks πŸ™‚

    Like

    1. Hi, Aku kurang tahu juga kalo kasus kamu, cuma kalo menurut aku sih bikin akta dulu karena kalau pindah ke jakarta dulu kayanya gak ngaruh karena indentitas yang tertera adalah data yang di luar jakarta.
      But please make sure dulu ke Lurah / RT ya. takutnya salah info.
      good luck with the process ya.

      Like

  5. halo kak. saya mau tanya. Pas proses sidang nya apakah akte lahir asli ditunjukkan? Soalnya cami saya akte lahir asli nya ilang T_T cuma ada copy nya aja. thx sebelumnya
    ^_^

    Like

    1. Halo. Sebelum sidang, semua dokumen (asli dan kopi harus disertakan) untuk proses pengecekan.
      Jadi kalau belum lengkap belum bisa ikut sidang setau saya.
      Untuk kasus kamu yang hilang, mungkin butuh surat pengantar atau di legalisir, tapi nanti ditanyakan saja ke petugasnya untuk lebih jelasnya ya.

      Like

  6. hii..

    mau nanya, apa pernah diinfokan berapa biaya catatan sipil kalau dilakukan digereja? kalau melihat proses mengurus sendiri, sepertinya lumayan ribet ya?
    saya ada rencana menikah, kalau pasangan saya KTP Tangerang, saya KTP Bekasi dan menikah di Jaksel..
    kira2 untuk catatan sipilnya dilakukan dmn ya?

    thanks

    Like

    1. apa pernah diinfokan berapa biaya catatan sipil kalau dilakukan digereja? -> setau saya pas saya tanya-tanya ke teman, sebenarnya pencatatan sipil ini gratis, tapi biasanya ada ‘biaya ongkos’ untuk si pencatat karena dia jemput bola ke tempat kamu. Setau saya besarannya sekitar 500-1.5 juta (tergantung kamu) Kebanyakan teman saya sih kebanyakan urus sendiri prosesnya karena free.

      kalau melihat proses mengurus sendiri, sepertinya lumayan ribet ya? -> Sebenarnya prosesnya sama saja karena toh kamu harus memberikan dokumen2 yang dibutuhkan sebelum hari H, hanya beda di hari sidangnya saja.

      Kira2 untuk catatan sipilnya dilakukan dmn ya? -> Enaknya catatan sipilnya di gereja tempat kamu menikah saja. biar gak pindah-pindah lagi.

      semoga lancar prosesnya ya.

      Like

  7. Halo sis, mau tanya lagi. Untuk tanggal 8 mei dan 8 juni masing-masing berapa lama prosesnya yah? Apakah sampai seharian? Soalnya kalau cepat kan bisa cuti setengah hari aja hehe. Thank you

    Like

  8. Hi, mau tanya2 donk surat keterangan domisili itu sama gak dengan surat ket pengumuman pencatatan perkawinan diatas? Soalnya sy baca yg diminta surat domisili tp dokumen yg keluar dari capil bekasi nya dok itu.

    Terus surat keterangan pindah dari bekasi ke jkt itu apakah termasuk dalam syarat dok untuk pembuatan akta nikah juga? Soalnya sy jg dari luar daerah, pas tanya org capil katanya tidak butuh surat pindah. Terima kasih ya

    Like

  9. tanya ni, setelah menikah dan mengurus kecapil, suart apa yg capil terbitkan? apakah mereka juga menerbitkan surat itu sekaligus dengan membuatkan kita ktp dan kk baru? mksh

    Like

  10. Hi blognya berguna banget!
    Mau tau donk kalau syarat untuk saksi itu apakah harus teman atau saudara kandung juga boleh? Soalnya lagi mikir pengen urus sendiri tapi terkendala siapa yg mau jadi saksi tar pas sidang, soalnya hari kerja kan.

    Thanks!

    Like

    1. Setau saya saudara kandung boleh asal namanya sudah di luar KK. Tapi kebanyakan sih pilih teman dekat saja yang bersedia.

      Kasus temen sih saksinya malahan yang ikutan sidang juga jadi gantian.

      Like

  11. Hi dear. Aku mau tanya, kalo nikah sipil itu apa hrs melalui gereja ya? (Krn kata mama, sipil ga mau dtg/ngurus kalo ga mllui gereja. Dan utk prsyaratannya, itu ada batas waktu valid nya ga? Aku akn menikah dgn WNA, berhubung ldr jd hny bs bertemu/ngurus dok seminggu dlm setahun. tq

    Like

    1. Halo juga dear.
      Setau saya catatan sipil itu SETELAH proses pernikahan dilakukan sesuai dengan agama di KTP. (Dalam kasus kamu berarti gereja ya)

      Kalau kamu udah menikah nanti ada surat pemberkatan / ada surat nikah dimana surat ini yang akan menjadi pegangan kamu untuk proses capil.

      Untuk petugasnya sendiri tidak harus gereja yang manggil. Bisa kamu sendiri yang panggil / kamu yang datang kesana. (Saya sih datang sendiri biar hemat biaya gak ada ongkos rokok dll)

      Untuk kadaluarsa pengurusan capil setau saya gak ada. Jadi tergantung kamunya bisanya dan maunya kapan utk urus capil. Tapi biar pasti mendingan tanya dl ke RT / RW dan sudin di deket domisili kamu, karena takutnya infonya berbeda kalau beda domisili.

      Good luck on the process ya.

      Like

  12. Hallo mas. Saya mau tanya nih. saat ngurus dokumen itu di capil, langsung bawa saksi atau pas sidangnya aja. Terus untuk ngurusin dokumen nya hanya bisa Senin – Jum’at ?? Atau weekend juga bisa. Thanks Gbu!

    Like

  13. mau nanya donk, untuk saksi apa harus tinggal di DKI jakarta dan mempunyai E KTP juga, karena beberapa orang bilang kata nya harus suami istri saksi itu dan harus agama yang sama dengan yang sudah menikah, dan maaf untuk biaya nya sampai selsai berapa yah yang di keluarkan. trima kasih

    Like

    1. mau nanya donk, untuk saksi apa harus tinggal di DKI jakarta dan mempunyai E KTP juga?
      ->> yap betul.

      untuk biaya nya sampai selsai berapa yah yang di keluarkan?
      ->> Free alias gratis tis tis sampai selesai. paling hanya bayar parkir motor / mobil saja.

      Like

  14. Ass,,,
    Bapak/Ibu Maaf mau tanya saya kan sudah menikah th 2000 tpi nikah di bawah tangan trus sekarang kan ank2 kami sudah besar2 klo mau bikin surat nikah bisa g y pak/ibu dan dokumen apa saja yg harus saya bawa trima ksih… Wassalam,

    Like

    1. Hallo. Ini saya dari kelurahan sedang urus KK. Saya coba tanya ke petugasnya, kasus anda jatuhnya harus ke KUA karena pernikahan. Untuk dokumen apa saja yang diperlukan harus ditanyakan ke KUA daerah anda terdekat.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: