10 Januari 2017 – Perpanjang Paspor Yuk

Paspor yang umurnya berlaku 5 tahun memang kadang-kadang suka lupa diperpanjang dan biasanya baru tau habis pas gagal pesen tiket karena sudah memasuki ‘masa tenggang’ ( 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis) Nah, karena waktu berjalan cepet banget rasanya, paspor gue habis di bulan Agustus ini, jadi ya berhubung awal tahun mendingan buruan diurus daripada ntar kenapa-napa.

Serius, 5 tahun masa berlaku paspor kayanya gak berasa banget, tau-tau udah habis aja, padahal belum semua halaman paspor gue terisi penuh (amiin kalo penuh) dan berhubung memang paspor adalah salah satu dokumen yang kudu wajib dan harus diperpanjang, jadilah gue memperpanjang paspor di imigrasi bandara Soekarno-Hatta dengan alasan dekat sama rumah dengan harapan semoga pelayanannya lebih “manusiawi” ketimbang 5 tahun dulu ngurus di imigrasi di daerah Kemayoran.

Perubahan sistem formulir
Untuk yang belum tau, sekarang sistem imigrasi sudah dirubah (gue gak tau sejak kapan)  Kalo 5 tahun lalu, pas gue perpanjang paspor di Imigrasi Kemayoran, formulir perpanjangan paspor HANYA dibagikan 100 formulir PER HARI. Jadi, gak peduli lo mau antri dari jam 3 pagi atau datang jam 7 pagi, begitu formulir dibagikan dan mencapai kuota 100 formulir, yang gak kebagian formulir silahkan gigit jari dan datang lagi esok hari.
Beruntung Indonesia semakin maju, sekarang sistem formulir paspor dirubah menjadi HINGGA PUKUL 10 PAGI, dimana kalau dalam satu hari itu -sampai jam 10 pagi – ada 500 orang yang terdaftar untuk perpanjang atau bikin paspor, maka 500 orang itulah yang akan diproses. Cukup adil lah kalo menurut gue ketimbang sistem terdahulu dimana kalo jaman dulu memungkinkan sekali untuk menggunakan jasa calo, sekarang calo tidak lagi terlihat atau nggak kentara. Gue yakin pasti masih ada calo yang berkeliaran tapi (mudah-mudahan) jumlahnya udah gak sebanyak dan nggak se-frontal dulu dimana baru nyampe parkiran aja udah ditawarin jasa calonya.

Antriannya gimana?
Nah, ini yang biasanya dicemaskan banyak orang kalo perpanjang paspor. Akibat desas-desus dan perkiraan atau pengalaman pribadi, orang rela dateng pagi-pagi dari jam 4 atau mungkin jam 2 pagi, padahal mereka gak tau kalo di jaman sekarang, di jaman keterbukaan informasi seperti sekarang ini, antriannya ya  … SAMI MAWON #sadis
Gue nyampe ke imigrasi Bandara bareng sama sama bokap gue jam 7 pagi, pas belokan ke gedungnya, buset, antriannya udah panjang – yang terlihat hanya kepala-kepala orang saja.

Temen gue yang datang jam 6 pagi di hari yang sama, beda antriannya udah 30 orang di depan gue. Lumayan banget kan, sejam udah beda 30 orang. jadi kesimpulannya ya, antriannya sami mawon lah kaya jaman dulu.

Saran gue, lebih baik datang pada hari Selasa dan Jumat, karena imigrasi memulai pelayanan lebih pagi, yakni pukul 6 pagi yang otomatis kuotanya tentu semakin banyak. Selain hari tersebut, pelayanan akan dimulai pukul 8 pagi (Kebayang dong antrian 2 jam paling cuma bisa dapet berapa kuotanya?)

Apa yang musti dilakukan pertama kali?
Jadi yang pertama kali lo lakukan adalah menunggu mendapatkan formulir dan antri sampai lo masuk ke dalam ruangan. Untuk mereka yang perpanjang paspornya manual seperti gue, maka udah pasti yang kita lakukan adalah nunggu. Nunggu apa? Nunggu dibagiin formulir. Oleh siapa? Oleh petugasnya lah. (Bikin emosi aja pertanyaannya nih)

Nah, selama nunggu dalam antrian, bolehlah menyapa depan atau belakang, habisin cemilan, take a selfie, Whatsapp-an atau  tanya-tanya, ngobrol-ngobrol seputar paspor sama depan belakang lo habis bulan apa masa berlakunya – sapa tau ketemu jodoh kan?
Penting juga untuk ngecek ulang dokumen, karena kalau ada yang kurang bisa segera di fotokopi. Dalam kasus gue kemarin, ada ibu-ibu yang penulisan namanya di KTP beda sama akta lahir dan beda juga sama di KK, jadi dia tanya sama petugasnya.
Nanti pada saat antrian lo bergerak maju, petugasnya akan membagikan map yang berisi 1 lembar formulir untuk diis yang fungsinya untuk mengecek kelengkapan berkas atau dokumen yang diperlukan. Formulir ini gratis kok, gak perlu bayar.

Gimana kalo perpanjang secara online?
Untuk mereka yang perpanjang online, silahkan tanya ke petugas dimana antrian untuk pemohon online karena banyak juga ternyata para pemohon paspor online yang nyampur sama antrian paspor manual. Jangan lupa kasih liat bukti form online kalian ke petugasny biar mereka yakin lo adalah pemohon paspor online. Pas gue antri sih perpanjang paspor online jumlahnya jauh lebih sedikit dan cukup cepat lah mereka masuk ke dalam. #curang

Lalu kenapa gue gak perpanjang secara online?
Jawabannya adalah malas karena gue sering denger kalo perpanjang online sering failed. Jadi lebih aman gue urus manual aja dah. Seriusan. Dari cerita yang gue denger-denger, banyak yang pas daftar online seringkali failed di bagian verifikasi. Atau terjadi hang pas di bagian alamat sehingga gak bisa diproses. Ada juga  yang gak bisa masuk ke websitenya karena  plugin PC nya bermasalah dll.Ibu yang antri di belakang gue pun komplen dia gak bisa masukin verification codenya saat mau coba perpanjang online.

Berhubung masa antrian hanya diperbolehkan sampai jam 10, maka pas jam setengah 10, si petugas imigrasi udah teriak: “Bapak-Ibu yang mengantri, ini saya bagiin formulirnya, tetapi karena pengurusan hanya sampai jam 10, BUKAN BERARTI bapak ibu yang memegang formulir bisa masuk ke dalam untuk diproses. Jadi untuk mereka yang tidak dapat masuk, silahkan kembali lagi esok hari.”

Oh ya, kalau kalian udah megang formulir hari ini dan ternyata tidak dapat masuk ke dalam bukan berarti kalau kalian balik lagi esok hari akan langsung diproses atau dapet prioritas ya, kalian tetep harus antri ulang.

Gue sendiri pun sempet ketar-ketir karena waktu sudah menunjukkan pukul 9 pagi dan gue masih ada antrian sekitar 40 orang lagi. Kan konyol kalo balik lagi. Apalagi mereka yang karyawan dan kantornya rese, susah ngasih cuti. Tapi untungnya jam 9.45 gue udah bisa masuk karena si petugas lebih longgar memasukkan orang. (yang tadinya cuma masuk 5-6 orang, sekarang dia masukin 10 orang #Lumayan)

Lebih enak paspor biasa atau E-paspor ya?
Gue sempat melontarkan pertanyaan ini di wall FB gue dan mayoritas mengatakan untuk lebih baik ganti ke E-paspor aja. Sebenernya apa aja sih kelebihan E-paspor? Saya suka Anda bertanya.

  • Adanya chip di bagian depan e-paspor, yang berfungsi untuk menyimpan data biometri pemilik paspor. #GakPentingJugaSihBuatGue.
    Keren sih, tapi ini juga berarti kalian harus memperlakukan paspor kalian dengan lebih hati-hati supaya jangan sampe chipnya rusak. Gak lucu kan udah sampe bandara, eh chipnya error gara-gara kebaret / lainnya.
  • E-paspor sangat sulit untuk dipalsukan atau disalahgunakan oleh orang lain, karena memiliki chip yang tertanam di dalam paspor yang berfungsi menyimpan data biometri pemilik paspor, sehingga lebih aman dibandingkan paspor biasa non elektronik.
  • Khusus di Jakarta dan Bali, pemegang e-paspor tidak perlu lagi mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi, namun dapat langsung menuju autogate dibagian penerbangan internasional untuk memindai e-paspornya dan terbang ke negara tujuan liburannya. Sebenernya proses ini gak perlu E-paspor sih, karena kita bisa daftar juga di bandara. Lagian kalo kita pergi sama temen / keluarga yang paspornya belum E-paspor, tetep aja kita kudu ‘nunggu’ juga.
  • Pemegang e-paspor dapat mengunjungi Jepang secara gratis selama 15 hari tanpa harus membayar visa. Anda cukup mendaftarkan e-paspor sebelum keberangkatan ke Jepang. Proses pendaftaran ini memakan waktu 2 hari kerja. Jadi kalo kalian sering bolak-balik Jepang, bolehlah bikin E-paspor dan ajak-ajak gue. #SayaMahJelata

Memang sih, ICAO (International Civil Aviation Organization) mewajibkan agar semua negara di dunia, termasuk Indonesia, memberlakukan penggunaan e-paspor mulai tahun 2015. Tapi diluar semua kelebihan E-paspor ini, gue tetap setia kepada paspor biasa aja ketimbang E-paspor. Kenapa? Karena biaya paspor biasa jauh lebih murah dan toh gue kayanya gak akan ke Jepang berkali-kali dalam jangka waktu 5 tahun juga.

Gue sendiri saat kemaren perpanjang paspor, petugasnya bilang pembuatan E-paspor tidak dapat dilakukan untuk sementara waktu (terhitung sejak tanggal 4 januari 2017 karena sistem mereka -katanya- lagi down)  Ini untuk pembuatan baru secara manual ya, kurang tau untuk pembuatan secara online bisa atau nggak.

Hal yang sama juga terjadi saat gue minta pembuatan paspor 24 halaman. Kenapa gue mau paspor 24 halaman saja? Karena harganya murah, cuma Rp100.000 saja dan belum tentu paspor 24 halaman itu penuh sama cap paspor, tapi selalu aja ada alasan yang diutarakan sama mereka yang buntut-buntutnya pasti ke pembuatan paspor 48 halaman. Entah itu habis, sistem error dll.  (Bisa jadi karena paspor 24 halaman cuma Rp 100.000 doang jadi ya mungkin ‘margin’ mereka kurang dapet ketimbang yang 48 halaman yang Rp 300.000 #EntahJuga)

Apa saja dokumen yang diperlukan?

Setelah mengantri selama kurang lebih 3 jam dan gue masuk pas jam 10 kurang 15 menit. Pas masuk rasanya huff, lega banget karena setidaknya gak perlu balik lagi besok. Segera ikuti arahan petugas antri dimana untuk pengecekan dokumen. Pastikan semua dokumen lengkap dibawa dan memiliki kopi 2 lembar.

Dokumen (ASLI DAN KOPI) yang perlu kalian bawa saat pengecekan dokumen adalah :

  • Kartu Keluarga
  • KTP yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri
  • Akta lahir / Akta Nikah (kalau sudah menikah) / Ijazah / Surat Baptis (Dokumen yang memuat nama, tanggal lahir, tempat lahir dan nama orang tua)
  • Surat pernyataan orang tua (kalau kalian mengurus paspor untuk anak – Surat pernyataan orang tua ini bisa kalian dapatkan ke bagian foto kopi yang lokasinya berada di bagian luar gedung Imigrasi)
  • Paspor lama (fotokopi pada bagian profil saja, tidak perlu satu buku)
  • Surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing.
  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang untuk mereka yang sudah mengganti nama.
  • Untuk mereka yang punya kasus penambahan nama kaya gue yang di halaman 4 paspornya ada penambahan nama, jangan lupa sertakan juga akta lahir pihak kakek dari ayah.

Note : Pastikan semua fotokopian kalian tidak ada yang dipotong alias masih dalam 1 halaman penuh. (biasa kan ada orang yang fotokopi KTPnya dipotong kecil mengikuti bentuk KTP) Setelah pengecekan selesai, maka kalian akan mendapatkan nomor antrian untuk selanjutnya memasuki proses interview dan foto.

Kalau kalian mengurus paspor yang masih 1 KK, pastikan orang tersebut hadir. Karena dalam kasus kemaren gue ngurus paspor, kebanyakan orang tua mengurus paspor untuk anak, tapi anaknya tidak ada, alias nyusul.

Proses interview dan foto
Perhatikan nomor antrian kamu dan jangan sampai terlewat kalau tidak mau diomeli petugas dan silahkan masuk berdasarkan ruangan yang diberikan saat nomor terpanggil. Saat kamu masuk ke dalam ruangan, biasanya masih ada orang yang mengurus interview dan foto jadi harap sabar menunggu antrian.
Ketika tiba giliran kamu, silahkan duduk manis, dan melakukan proses sidik jari dan pastikan semua data kamu benar. Jangan sampai ada huruf yang kurang.
Oh ya, gue tidak melakukan proses tanda tangan karena seinget gue ada kolom tanda tangan di paspor tapi petugasnya kok gak minta ya? #hmm

Kendala-kendala saat mengurus paspor
Ini gue tulis berdasarkan pengalaman temen gue yang pergi sama gue di hari itu dan menurut obrolan gue sama orang-orang disana. Silahkan disimak.

  • Ada satu ibu-ibu yang datang ketiga kalinya karena selalu kehabisan kuota formulir padahal dia dateng jam 6 pagi.
  • Temen gue sempet ‘diresein’ sama petugas imigrasinya. Jadi ceritanya, dia ngurus perpanjangan paspor anaknya, dari info yang dia dapet dari http://www.imigrasi.co.id dikatakan bahwa yang diperlukan adalah fotokopi ayah ATAU ibu, tapi petugasnya ngotot kalo harus ada fotokopi ayah DAN ibu dalam 1 kertas yang sama. Gak mau kalah, temen gue nunjukkin website imigrasi.co.id dong untuk nunjukkin kalo disitu tercantumnya kata ATAU!. Dan tebak petugasnya ngomong apa? Dia bilang “Bapak jangan buka web imigrasi dong. Kan bapak ngurusnya di imigrasi bandara, beda  ketentuannya!” Whaat? lo tau dong kalo ngotot sama orang model gitu kaya apaan emosinya, yang ada jadi gila iya. Jadilah temen gue sibuk cari warnet dan warnet paling deket tentu ada di luar bandara, di daerah Rawa Bokor. Jadilah dia sewa ojek buat demi download ktp istrinya. #LoPikirSendiriDah
  • Seringkali ngurus paspor seringkali error. Mulai dari server down, gak bisa masukin verification code, data kita ada yang hang dan gak bisa direfresh.
  • Pas giliran gue ngurus kemaren sistem resinya lagi down. Jadi gue harus kudu balik lagi esok harinya di atas jam 1 siang bareng temen gue untuk ngambil bukti resi doang di ruangan 4 dengan membawa fotokopi KTP. #BanciBener

Proses pembayaran dan berapa harganya?

1
Resi pembayaran paspor untuk dibayarkan ke bank

Setelah semuanya beres, kalian akan mendapatkan resi untuk pembayaran paspor kalian. dimana di dalam resi itu tercantum jumlah yang harus kalian bayar dan juga Nomor Kode Bayar. Harga untuk pembuatan paspor biasa adalah 355.000 rupiah.

Setelah bukti resi didapat, sebaiknya langsung bayar hari itu, supaya paspor kalian bisa segera diproses. Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM atau bank-bank yang bekerja sama dengan imigrasi. Tapi saran gue mendingan lakukan pembayaran lewat teller bank karena takutnya kalau lewat ATM, bukti bayarnya ditolak karena bukti bayar ATM tidak selengkap kalau kalian bayar lewat teller.

unnamed
Bukti pembayaran potong pajak yang didapat dari bank. Kalau transfer lewat ATM informasinya gak sebanyak ini, jadi daripada “diresein” sama petugas imigrasi, mendingan bayar aja lewat teller bank.

Gue sendiri melakukan pembayaran di bank BCA cabang PIK, yang deket aja sama bandara karena bank tutup jam 3 sore. Pas gue sama temen gue lagi nunggu, ada officer BCA yang bilang kalau untuk pembayaran resi imigrasi tidak lagi dapat dilakukan di atas jam stgh 3 karena diatas jam setengah 3 ada prosescut-off. Untung petugas BCA nya baik jadi resi kami masih bisa diproses tapi bukti bayarnya baru diambil 1 jam kemudian. Kalo bank-bank lain, bisa jadi gue sama temen gue gak dilayanin dan kudu balik lagi besok hari. Jadilah gue ama temen gue makan dulu terus jam stengah 4 sore balik lagi ke BCA untuk ambil bukti pembayaran.

[Update 20 Jan 2017] Pengambilan paspor
Setelah semua proses pembayaran dan pengurusan kelar, Paspor dapat diambil dalam 5 hari kerja setelah pembayaran atau paling lama 30 hari setelah pembayaran. Pengambilan paspor dapat  diambil pukul 13.00-15.30 selama hari kerja. Nah tanggal 20 Januari 2017 gue datang kembali ke imigrasi untuk pengambilan paspor.

Sekitar jam setengah 2 siang, gue udah sampe ke kantor imigrasi dan  udah terik, panas, laper, ternyata nyari parkiran di imigrasi cabang bandara ini buat gue adalah perjuangan tersendiri karena tempat parkirnya kecil banget, jadi susah banget cari parkir. Gue udah keliling 4x ngiterin tuh tempat parkir tetep aja gak dapet parkir. Gue tanya ke tukang parkir musti diparkir dimana, dia bilang “dicari saja pak.” #Preet

Akhirnya sempet melipir nyari parkir ke gedung sebelah kiri imigrasi (kalo gak salah gedung kantor polisi bandara) .. Wah, disini banyak spot parkir yang masih kosong, dan parkir lah gue disana. Matiin mesin mobil, pastiin udah pake sepatu, siapin berkas, turun dari mobil lah gue. Eh pas turun baru jalan dikit, ada pak polisi nanya “Pak, mau kemana?” gue jawab dong, mau ke imigrasi pak di sebelah ambil paspor. Jawaban si bapak polisi ternyata gak enak banget plus sedikit kesel nadanya : “Gak boleh pak! Gak boleh parkir disini! Ini bukan tempat parkir imigrasi! Pindahin mobilnya. Jangan parkir disini.” Ternyata ga cuma gue yang disuruh pindah, gue liat ada Fortuner yang coba ikutin parkir pun di ‘usir’ dari tempat parkir itu. Bingunglah gue parkir dimana, parkir di pinggir jalan gak mungkin karena udah dikasih cone orange pembatas jalan.

Berhubung udah pasti gak dapet kalo coba parkir di Imigrasi, gue coba menelusuri gedung-gedung yang ada di sederetan kantor imigrasi dong, mulai dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah 1, Gedung Karantina, gedung Angkasa Pura II, tetep jawabannya sama. Gak boleh parkir juga. Untung ada satpam bilang parkir di masjid saja (mungkin dia ngeliat muka gue yang udah keder dan pusing) Puter balik dan gue carilah itu masjid, nyampe parkiran masjid pun masih ditanya mau kemana, lama apa kagak soalnya lagi banyak acara juga di daerah sana.Akhirnya setelah debat dikit, dikasihlah gue parkir di parkiran masjid yang jaraknya kurang lebih 700 meter dari kantor Imigrasi. Orang Indonesia memang unik kadang, apa yang bisa dipermudah kayanya selalu aja dipersulit. Kaya masalah parkir aja kayanya sulit banget, apa sih susahnya kasih orang parkir di sebelah gedung imigrasi kalo memang lagi rame (padahal banyak spot parkir yang gak terpakai)

parkir-masjid
Lumayan lah jalan 700 meter di siang-siang terik panas dan perut lapar.
jalan-kaki-panas2
Olahraga dikit

Proses pengambilan paspor
Begitu sampe gue nanya sama orang di imigrasi mau ambil paspor. Ternyata sistemnya kita kudu taro bukti bayar kita di atas baki yang isinya tumpukan bukti bayar orang lain yang digabung disana. Taruh bukti bayar di dalam baki lalu tinggal menunggunama kita dipanggil. Prosesnya gak terlalu lama sih, sekitar 20 menitan nama gue udah dipanggil.

Siapin KTP untuk dicek sama petugasnya saat nama kita dipanggil untuk ditanya tanggal lahirnya untuk mastiin itu benar identitas kalian. Setelah selesai, jangan lupa nulis nama dan kode paspor baru kamu di buku konfirmasinya ya dan jangan lupa minta paspor lama kalian.

baki
taruh bukti bayar kalian di dalam baki ini, nanti petugasnya akan sortir, ambilin dokumen kalian dan tunggu nama kalian dipanggil. Gue nunggu sekitar 20 menit lah untuk dipanggil.

Note : Kalo kalian kebetulan ngambilin paspor orang lain (temen / bos / dll) jangan lupa siapin surat kuasa, dan kalau kalian ngambilin paspor anggota keluarga, siapin fotokopi KK.

Paspor baru vs lama
Berhubung udah lima tahun yang lalu perpanjang paspor, begitu dapet paspor baru berasa seneng sama sedih. Sedih karena cap paspornya masih kosong tapi satu sisi seneng karena ternyata desain paspor barunya ternyata keren bingits. Paspor baru ini memiliki desain yang lebih berwarna dan juga lebih ‘Indonesia’ karena setiap halamannya menampilkan gambar yang menunjukkan keindahan Indonesia, mulai dari pemandangan, satwa, budaya, fauna dan juga flora. Jadi bikin berasa bangga pegang paspor Indonesia baru ini deh, jadi ntar kalo ketemu sama turis asing, kita bisa pamer desain paspor baru ini. Tapi karena desainnya keren banget jadi berasa sayang kalo halaman paspornya dicap visa ntar jadinya.
Berhubung semua proses pengurusan paspor sudah selesai, segeralah melipir mencari makanan karena perut sudah krucuk-krucuk banget, and Imigration Office, see you again in next 5 years.

Begitulah cerita gue untuk proses pembuatan dan pengambilan paspor. Nah, gimana? Kalian ada pengalaman seru gak pas ngurus paspor? Yuks, dishare juga di bagian comment yaa.

Update per Juni 2017 :
Sekarang mengurus paspor sudah lebih mudah loh. Sudah tau belum kalau mengurus paspor sekarang bisa menggunakan aplikasi? Baca selengkapnya di sini.

Advertisements

45 thoughts on “10 Januari 2017 – Perpanjang Paspor Yuk

Add yours

  1. Saya juga baru perpanjang di bandara. Selasa danJumat sudah tidak ada early morning service. Saya sampai sana Jumat lalu jam 5, sudah ramai sekali dan dapat antrian no. 87. Ya, setelah baca blog ini baru ngeh kalau kali ini tidak ada disuruh tanda tangan. Jadi tangan tangan manual di pasport baru atau bagaimana? Waktu saya ke sana sistemnya juga error, jadi lama nungguin buat dapat resi.

    Liked by 1 person

    1. Oh ya? Sudah tidak ada lagi early morning service sekarang? Wow. cepat sekali hilangnya ya. bikin yang manual / e paspor sis?

      Soal tanda tangan, sepertinya dari dulu juga tidak ada proses tanda tangan sis juliet untuk pembuatan paspor, hanya finger print setau saya. (Mungkin tanda tangan kalah penting dengan pindai sidik jari untuk keperluan internasional, meskipun di bagian belakang paspor ada kolom untuk tandatangan)

      teman saya kesana juga sama error juga sistem resinya. #IndonesiaBanget

      Like

  2. Saya suka baca blog orang, dan alhasil mau gak mau harus sampai di imigrasi jam 04.00 pagi. Perjuangan terbayarkan, antrian belum sampai 10 orang hehehe.

    besok mau antarkan saudara saya, lagi cari2 info apakah early morning service masih ada atau tidak. Coba contact ke nomor telepon imigrasi tidak ada yang angkat telepon, coba email pun tidak ada reply. Coba lihat twitternya juga sudah tidak aktif. Udah pasrah deh, eh nemu blog ini, ternyata ada yg comment udah gak ada early morning service, nyaris jackpot lagi hahaha

    thanks for sharing Juliet.

    Like

  3. saya pengen perpanjangan paspor, dan baru nyadar donk kalo KTP dah expired 2 bulan lalu,, gimana yah? masih bisa dipake gak KTPnya kira2?

    Like

      1. Sy mau perpanjang paspor kepikiran masalah ektp yg tertulis habis berlaku bbrp bln lalu. Thx infonya.
        Btw, sy nambahin nama ayah sy di paspor, apa perlu surat keterangan?

        Like

      2. Setau saya kmrn pas mau perpanjang dan tambahin nama kudu bawa KK dan ktp ayah dan ktp dan KK dari kakek, sama kalau petugasnya rese biasa dimintain surat kenapa mau tambah nama (misalnya alasan pekerjaan / travel ke negara yang meminta nama tambahan dan harus ada hitam di atas putih) semoga lancar yaa

        Like

  4. kalau saya mau perpanjang paspor, akan tetapi KK yang aslinya sedang di urus di kelurahan, tetapi memiliki fotokopian saja apakah masih bisa tetap di urus perpanjangnya? trims

    Like

  5. kalau saya mau perpanjang paspor, akan tetapi KK yang aslinya sedang di urus di kelurahan, tetapi memiliki fotokopian saja apakah masih bisa tetap di urus perpanjangnya? terima kasih

    Like

    1. halooo. sorry ya baru bales. setau saya kamu harus urus dulu KK nya. karena kemaren juga ada yang kasusnya seperti kamu dan disuruh urus dulu KK nya. moga2 membantu yaa.

      Like

  6. Terima kasih bro..
    Cukup membantu utk saya yg minggu ini mau perpanjang pasport . Walo mau perpanjang yg kedua kalinya namun tetep saja saya blank seperti baru pertama mau buat, ha ha..

    Like

  7. Makasih infonya, berguna bgt 👍🏼 Saya juga baru bikin paspor untuk anak sy, trus sama ngalamin kl sistem resinya down jd blm dapet no resi. Kalo kyk gitu balik k imigrasinya buat ambil resi mesti jam 13. 00 k atas atau bebas? Makasih

    Like

  8. Makasih infonya Mas… karena minggu depan mau perpanjang paspor….
    Tp malu sih gimana ya… paspor lama juga masih kosong…#hiks

    Like

  9. Hai gan
    Numpang tanya

    Setelah kita bayar ke bank itu, apa kita perlu konfirmasi lagi ke kantor imigrasi kalau kita sudah bayar?
    atau tunggu 4~5 hari kerja setelah pembayaran, paspor langsung jadi tanpa kita harus konfirmasi setelah pembayaran di bank

    thanks

    Like

    1. Halo.
      Gak perlu konfirmasi lg kok. Dia otomatis kok begitu bayar dari sistem banknya connect ke imigrasi. Cuma pastikan bayarnya di teller ya, jgn pake atm. Karena nanti ada bukti potong pajaknya.

      Like

    1. Bisa kok. Gak harus di bandara soetta. Ini tambahan infonya :

      – Kalo ga bikin epaspor mending cari tempat lain jangan di soetta. Krn soetta 1 dari sedikit tempat yg bisa bikin epaspor. Makanya orang2 dr jauh2 jg dtgnya ke soetta… mending cari tempat lain aja kl laspor biasa
      – Soetta ga pk nomor antrian… mending bawa kursi lipet
      – kl di soetta krn parkir sedikit (buanget) mending naik taxi. Ato kl bw boil sendiri ga dpt parkir alternatif parkir bs di mesjid ato kl ada sedikit duit lebih… parkir di parkir inap. 30rb 4jam.

      Like

  10. Hai, mau tanya apa ada pengalaman,urus perpanjang paspor tapi beda nama akte dan ktp, tapi minggu lalu sudah bikin BAP di imigrasi jakbar (di kota) dan hari ini sudah diwawancara dan foto, tapi kok petugas wawancaranya bilang butuh 1 bulan yah? padahal minggu depan sudah mau dipake paspornya =( hiks.. galau berat,t hanks before

    Like

    1. Halo. Waktu itu pernah jg ada kasus mirip kamu, bapak2 sebelah saya pas wawancara butuh paspornya cepat, dia minta dalam 3 hari kerja jadi tapi petugas imigrasinya bilang gak bisa. Paspor jadi dalam waktu 5 hari kerja. Akhirnya dia nyerah.

      Kalo kasus kamu, entah ya kenapa bs satu bulan. Kalo feeling saya sih mungkin mereka harus cocokan dl dengan dinas terkait mengenai akte nama yang beda plus faktor mau lebaran jg kali ya.

      mudah2an membantu.

      Like

      1. okay thank you, oiya katanya bisa cek status paspor kita sudah jadi/belum via sms / website ya? ada yang tau sms nya ? thanks before

        Like

      2. maksudnya SMS Gateway ya?

        Ketik Status No. Permohonan / Status No.Billing, kirim ke SMS 0812 1919 1847. Mudah-mudahan masih yang itu nomornya ya.

        Like

    2. Halo mbak, akhirnya paspor bisa diambil setelah berapa hari? Saya juga barusan perpanjang tapi beda nama di paspor lama dan KTP.. Udah bayar, tinggal nunggu, tapi kemarin pihak imigrasi ngga bilang kalo jadinya bakal makan waktu sebulan.. thank you

      Like

  11. paspor sy berlaku sampai 17 Juli ini. Apakah masih bisa diperpanjang? sy pernah dengar plg lambat satu bulan dri tanggal expiry.

    Like

      1. yes kalo gitu hehe. barusan register via app. untuk minta jadwal spertinya harus aktifkan location GPS dan diarahkan ke beberapa kantor yang terdekat. hri ini kebetulan di jakarta, sy coba cek jadwal untuk imigrasi bandung tp tidak bisa masuk. diarahkan ke imigrasi jakarta aja. hehe..

        sy rencana perpanjang d bandung minggu depan krn dokumen2 ada disana. nti klo d bandung dicoba lagi minta jadwal :))

        anyway thanks for the shared info nya mas bro, really useful and highly appreciated

        Like

      2. Hai gan numpang tanya knpa ya perpanjang paspor di persulit…trus paspor q kan masih kosong trus ni mau pakai training ke cina jga udah fpet recom dri perusahaan tetap ja di persulit knpa ya

        Like

      3. Saya kurang ngerti dengan kata dipersulitnya ini ya mas agung. Mmg dipersulitnya ginana? Setau saya perpanjang paspor jg semakin mudah skrg. Mungkin ada persyaratan lain yang belum dipenuhi.

        Kalau soal perusahaan, mas agung pernah ada paspor sebelumnya yang ada capnya gak? Kalau ada bisa dilampirin mas.

        Moga2 membantu dan cepet selesai mas urusan paspornya.

        Like

  12. Hallo,,
    Mau tanya klo e-ktp kita blm ada, utk perpanjangan paspor bs pake surt ket. utk ktp sementara? Krn e-ktp sy bru bs jd thn dpn pdhl itu dh dr thn kmrn, sedangkan paspor sy expire bln dpn.

    Like

  13. Sayaa mau tanya..
    Kan saya baru buat paspor baru..tpi dari pihak imigrasi gak ada balikin paspor lama..
    Soal uda banyak berkunjung ke luar negeri..

    Kira2 skrng paspor lamanya masih ada gak ya?atau uda di musnahkan?
    Mslhnya skrng saya mau appy visa agak susah soal paspor baru..
    Mohon bantu

    Like

      1. Sama kasusnya dengan saya dulu waktu perpanjang paspor pertama. Paspor yang lama nggak dibalikin, padahal udah beraneka ragam capnya. Hiks.. Pas saya minta kata petugasnya nggak bisa, karena buat dokumen negara. Ya udah, karena saya nggak tau dan pengalaman pertama perpanjang paspor jadi saya relakan aja meskipun sebenernya nggak rela. Tau gitu kan saya fotokopi dulu paspor yang lama, buat kenang-kenangan. Perpanjangan berikutnya kalo saya minta lagi bakal dikasih nggak ya? Soalnya ada visanya sih, meskipun udah nggak berlaku lagi. Gimana dong?

        Like

  14. Hai kak, mau ikutan nanya nih klo misal nambahin nama belakang suami di paspor baru ada dokumen khusus yg harus dilampirin juga gak yaa..
    Trims 🌝

    Like

    1. untuk tambah nama harus lampirin alasan kenapa ditambahin namanya dan harus ada surat pengantar misalnya dari kantor yang menyatakan yang bersangkutan ditambahkan nama karena xxx..
      nanti diserahkan ke pihak imigrasinya pada saat perpanjang paspornya.

      NB : untuk suami harus menyertakan KK dan akta lahir ayahnya suami sis ya penambahan namanya.

      Like

    1. gak ada yang ditanyain sis. interview itu cuma bahasa lain untuk pemotretan.

      Beda kalo kamu APPLY VISA. Nah itu butuh itinerary, tiket pesawat dll untuk bisa dapetin VISAnya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: