Belajar tentang Impor-Expor dari importir.org

Bertempat di Hotel Maharadja, 19 Februari 2016, gue mengikuti seminar importir yang diadakan oleh importir.org. Gue belum pernah denger sama sekali tentang importir.org atau mengikuti seminar tentang importir sebelumnya, tetapi berhubung gue ingin mencoba mendapatkan wawasan lebih banyak, why not? Lagipula biaya registrasinya gak mahal, hanya 75rb rupiah (dapet disc 25rb karena posting di twitter) Dipandu oleh sang importirnya langsung yang masih berusia 27 tahun dengan gaya sedikit urakan dengan rambut dikuncir ke belakang, seminarnya berjalan santai dan lumayan kalo menurut gue.

Kenapa gue tertarik mengikuti seminar ini?

Karena gue gak pernah tau gimana caranya ngimpor dan gue yakin dengan harga 75rb, informasi yang gue dapatkan pastilah informasi level ‘kulit’ atau sebatas informasi umum. di sisi lain, karena gue yakin banyak banget kalau banyak dari kita yang pengen jualan barang tapi gak tau gimana cara masukin barangnya. Jalan lain kalau kita nggak tau bagaimana caranya ngimpor, ya lewat forwarder atau menjadi reseller. betul?

Dan kalau misalkan kita punya temen yang sering bolak-balik keluar negeri buat ambil barang untuk dijual di sini, biasanya jarang dari mereka yang mau berbagi informasi dimana mereka mengambil barang, siapa suppliernya, siapa forwardernya dll, yang ada biasanya keluar omongan “udah, lo beli ama gue aje.” jadi ya, gue cukup setuju dengan omongan si pembicara bahwasanya bisnis importir sebenarnya adalah bisnis informasi.

Sebenarnya importir.org ini kalau gue summary adalah mengumpulkan banyak orang yang belum memiliki banyak modal atau belum memiliki pengalaman mengimpor untuk bergabung dengan mereka untuk mengimpor menggunakan PT mereka sebagai permulaan. kalau nanti para anggota sudah mengerti, sah-sah saja untuk membuat PT sendiri dan bermain impor sendiri. Berhubung gue gak mau jadi orang pelit, gue akan mencoba meng-share apa aja sih informasi yang gue dapet selama seminar ini.

Persamaan orang-orang kaya di dunia

27% orang-orang di dunia menjadi kaya raya karena warisan yang ditinggalkan untuk mereka dan sisanya 63% menjadi kaya karena mereka menjadikan diri mereka sendiri kaya (Self enrichment). Dan seluruh orang kaya ini memiliki 6 persamaan dalam mengatur hidup mereka.

  1. 100% dari mereka menginvestasikan diri mereka sendiri lewat pengetahuan entah dengan sekolah atau hal-hal lainnya yang belum mereka ketahui.
  2. 96% dari mereka pernah gagal.
  3. 70% dari mereka menjaga kualitas hidup
  4. 91% dari mereka pintar melakukan leverage (mengcopy diri mereka sendiri)
  5. 88% dari mereka pintar membuat sesuatu menjadi lebih simpel
  6. 77% dari mereka suka berbicara dengan orang lain dan belajar sesuatu dari orang lain.

Ambil contoh brand Zara dengan IKEA. Kita semua tahu bahwa IKEA adalah produk yang dibuat oleh banyak sekali desainer dan kemudian dijual ke buyers dimana produk yang mereka jual terbatas kuantitinya.

Sebaliknya, Zara tidak memiliki desainer, tetapi mereka memiliki buyers yang banyak di belahan dunia. Harga baju yang dijual Zara di Indonesia berkisar di kisaran 400-500rb, tetapi lo tau gak kalo cost buat ngebikin kaos hanya 35-200rb / piece? Jadilah Zara mengumpulkan uang dari para buyers ini terlebih dahulu, baru mereka melemparkan barang ke desainer untuk dibuatkan desainnya. Intinya, mereka hanya memutarkan uang dari buyers terlebih dahulu sebagai modal. Jadi yang pertama, kalau kita berniat melakukan impor hal yang pertama adalah kita harus membuat brand kita terlebih dahulu.

Persamaan bisnis-bisnis di dunia

Gue pernah melakukan wawancara dengan salah seorang teman gue, yang adalah seorang CEO dan dia pernah mengatakan bahwa “Tre, lo kalo mau coba bisnis, coba cari bisnis di lautan biru, jangan lautan merah.Karena lautan merah sudah terlalu banyak pemainnya, barangnya sama, dan lo gak bisa berkembang, karena semua orang disana. Carilah produk di lautan biru yang arusnya tenang, nyaman, nggak terlalu banyak kompetitor tetapi produk lo dicari orang.” Strategi ini disebut Blue Ocean Strategy. (klik link ini kalau kalian tertarik baca / beli) Kenapa gue tulis ini? Karena gue mengingat hal ini saat si pembicara seminar ini juga menyinggung hal yang sama. Kebanyakan bisnis-bisnis yang berhasil adalah bisnis yang bermain di lautan biru dimana biasanya bisnis-bisnis di lautan biru ini adalah bisnis yang pionir dimana belum atau hanya sedikit pengikut / pesaingnya.

Yang berikutnya adalah cobailah bisnis yang berbeda-beda karena meskipun kita mungkin hancur dan gagal di 99 bisnis, pasti ada satu atau dua bisnis yang dapat merubah hidup kita. Masing-masing brand besar seperti Apple, Dell, Samsung, inFocus, Nintendo, Acer, Huawei dll memiliki skill yang menjadi kehebatan mereka sendiri, misalkan SDM, After Sales, Network, Marketing, Desain, Funding, Quality Control, Sourcing, tetapi skill-skill ini tidak akan berarti banyak kalau mereka tidak memiliki skill di Import. Dan kemana mereka mengimpor? Jawabannya adalah dari China. Apple dan Samsung sendiri tidak memiliki base production di negara mereka, melainkan di China.

Mitos-mitos dalam mengimpor barang

  • 67% mengatakan bahwa supplier China itu suka menipu. Benarkah? Faktanya adalah kemungkinan besar biasanya karena cara bayarnya yang salah. Pernah dengar kasus di bea cukai dimana datang 1 kontener besar berisi sepatu Nike yang keseluruhan isi kontenernya hanyalah sepatu sebelah kanan? Kena tipukah si pembeli? Jawabannya tidak. Karena hal tersebut adalah trik dari si pembeli yang mendatangkan sepatu sebelah kanan di pelabuhan A dan sepatu sebelah kirinya di pelabuhan B agar petugas di bea cukai tidak iseng atau menjual kembali.
  • 92% mengatakan mengurus urusan di bea cukai ribet. Benar bahwa mengurus dokumen atau tetek yang bengek lainnya di bea cukai adalah ribet, apalagi untuk kita orang awam, oleh karena itu penting bagi kita untuk menjadikan PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) yang membantu mengurusi tetek yang bengek itu untuk kita.
  • 70% mengatakan bahwa proses pengiriman bisa berbulan-bulan. Siapa bilang? Kisaran umum dalam mengimpor lewat laut adalah paling cepat 2 minggu, dan 1.5 bulan paling lama. Sedangkan lewat udara paling cepat 1 hari dan paling lama seminggu.
  • 90% berpikir bahwa kalau mengimpor, haruslah dalam kuantiti besar. Siapa bilang? “Saya pernah mengimpor 5 pcs tas kulit dengan nominal hanya 3.5 juta.” (kata si pembicara di seminarnya)

Itu adalah mitos-mitos yang ada di benak para orang yang belum pernah bermain impor sebelumnya. Tetapi, sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk mengimpor barang dalam skala kecil hanyalah 1/3 – 1/4  dari keseluruhan harga. Jadi yang kedua adalah, kalau kita mau mengimpor, carilah barang yang dicari orang, peminatnya banyak dan buat agar mereka mau melakukan DP agar 1/3-1/4 harga yang kita butuhkan untuk melakukan DP impor tercapai terlebih dahulu.

Apabila kita sudah bergerak menjadi importir dalam skala menengah atau besar, hal lain yang perlu kita pertimbangkan adalah mencari penerjemah handal untuk mengurusi dokumen atau surat yang kita butuhkan. Dan berhubung importir.org ini adalah importir dalam skala besar, biasanya mereka mengimport dari Kota Yiwu atau GuangZhou di China.

Road to become Importer

Nah, ini yang penting dan ditunggu-tunggu bukan informasinya? Kalau memang kalian serius mau menjadi importir atau mengimpor barang dari China, gunakan website alibaba group karena semua barang di China ada disana. Alibaba Group sendiri memiliki banyak afiliansi tetapi yang paling terkenal adalah alibaba.com. Carilah barang yang mudah terserap oleh pasar Indonesia dan skala pembeliannya bisa masif dan yang paling penting adalah pastikan produknya dibutuhkan.

“Udah, impor dulu dah barang A, jualnya ntar di online / sosmed aja.”

Kalau kamu melakukan ini, kalian sedang menimbun stok mati di rumah kalian.Jangan sampai kalian mengimpor barang tetapi kalian tidak tahu secara detil / spesifik kemana kalian akan menjualnya. Pastikan kamu harus tahu kemana kalian akan menjual barang tersebut.

Biasakan membaca trend. Karena urutannya begini : Trend yang ramai terjadi di US biasanya akan ramai di Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia, dan apa yang ramai di kota-kota besar, biasanya akan segera menyusul di daerah-daerah / kota-kota yang bukan kota besar di Indonesia. Mengerti maksudnya? Ambil contoh Frozen yang ramai di US, dalam sekitar beberapa saat ketika film Frozen muncul di Indonesia, biasanya yang booming adalah kota-kota besar di Indonesia, semua toko atau orang tampaknya menjual merchandise Frozen. Tetapi ketika boomingnya sedikit menurun (dimana biasanya penjualan sudah  berganti dengan trend baru lagi) biasanya di saat inilah daerah-daerah yang bukan kota besar mendapatkan merchandise Frozen karena disaat inilah booming Frozen baru menyerbu kota mereka.

Bagaimana menggunakan Alibaba.com?

Mudah, ada ribuan barang yang tersedia di alibaba.com. Kamu hanya perlu browsing barang-barang apa yang kalian minati. Dan tolong ingat bahwa alibaba.com menggunakan bahasa inggris sebagai acuan, jadi kalau kalian mencari catokan, tolong jangan bikin malu dengan menulis”Catokan” di kolom pencari, ketiklah hair straightening. okay? *wink

Saya ambil contoh misalkan kita ingin mengimpor smart watch, maka yang perlu kita lakukan adalah mengetik ‘smart watch’ di kolom pencari.

1
Ketik Smart watch di kolom pencari dan akan muncul banyak penjual smart watch di halaman berikutnya.
2
akan muncul banyak penjual smart watch yang ditampilkan, tetapi perhatikan hal-hal berikut :
3
Centang kolom Gold Supplier (yang berarti supplier tersebut adalah supplier yang cukup terkenal di alibaba.com), centang juga kolom Trade Assurance (yang berarti bahwa penjual dapat dipercaya dalam waktu ketibaan barang dan pengepakan barang sebelum dikirim dan biasanya menerima metode pembayaran dengan kartu kredit) dan yang paling penting adalah perhatikan response rate yang dicantumkan oleh Alibaba.com dimana dalam contoh ini si penjual smart watch mendapatkan rating 81% untuk smart watch berwarna gold.
4
Apabila kalian sudah yakin dengan produk yang kalian ingin impor, kalian dapat melihat infomarsi lainnya (untuk contoh ini, saya hitamkan kolomnya) dan klik contact supplier untuk mengontak sang supplier.

Istilah-istilah dalam Importir

Kalau kalian seperti gue yang buta soal impor dan misalkan kita mau mengimpor barang dari China, misalkan gudang dari kota Yiwu, maka ada istilah-istilah penting yang perlu kita ketahui dalam impor dari Yi Wu – Tj Priok, yakni :

  • EXW = Exwork. Yaitu adalah harga yang diberikan kepada kita dengan posisi barang masih di gudang penjual di Yi Wu, dan harga ini belum termasuk harga asuransi dll.
  • FOB = Free On Board. Yaitu harga barang yang diberikan kepada kita dengan posisi barang sudah keluar dari gudang penjual di Yi Wu dan sudah berada di atas kapal.
  • CIF = bukan Cum in Face yaa, tetapi Cost Insurance & Freight yaitu biaya pengiriman asuransi dan harga yang harus dibayarkan oleh kita. dan ini adalah patokan harga masuk dan bea cukai hingga tiba ke tempat kita.
  • Bill of Landing, yaitu harga yang harus dikeluarkan untuk melihat isi kontainer. pastikan barang kita memiliki Marking Code, karena apabila barang kita sudah sampai di pelabuhan tanjung priok dan tidak memiliki Marking Code, kemungkinan barang kita akan ditahan / dihancurkan. Marking Code yang dimaksud adalah nama atau alamat penerima.
  • POD = Port of Discharge, yaitu informasi barang yang kita pesan berangkat dari gudang mana. (dalam contoh ini, gudang Yi Wu, China)
  • POL = Port of Landing, yaitu informasi gudang mana barang ini akan tiba (dalam contoh ini, gudang pelabuhan Tanjung Priok, Indonesia)
  • FCL = Full Container Load. Ini biasanya istilah untuk para pengimportir besar dimana satu kontainer berisi barang yang sama dalam skala besar.
  • LCL = Less Than Container Load. Untuk para pemula dalam impor, biasanya  mereka menggunakan proses LCL, dimana barang yang diimpor tidak mencapai keseluruhan satu kontainer melainkan digabung dengan barang-barang pengimpor lainnya.
5
Untuk kalian yang bingung, cukup mengatakan kepada penjual  “Tolong berikan saya harga CIF produk X untuk destinasi pengiriman Tj Priok, Indonesia” Maka si penjual biasanya akan memberikan harga Fix hingga tiba di Indonesia. Oh ya, ongkir per container biasanya USD 1000 yaa.

Surat atau dokumen  yang harus dilengkapi berikut harga dokumennya saat mengimpor barang dari China – Indonesia

  • PT (Perseroan Terbatas) – Bidang  perdagangan barang dan jasa. -Rp 8.000.000
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) – Rp 500.000
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan) – Rp 500.000
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) – Rp 100.000
  • NIK (Nomor Induk Kepabeanan) – Rp. 7.000.000
  • API (Angka Pengenalan Impor) – Rp 4.500.000

API sendiri dibagi menjadi dua yakni :

  • API – U (umum) : Bea Masuk, Ppn, Pph
  • API – P (Produsen) : Ppn, Pph

Apabila kita bukanlah produsen maka kita akan menggunakan API – U untuk mengimpor. Dan total biaya yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp 20.600.000 untuk surat-surat tersebut apabila kalian berencana untuk mengimpor sendiri produk dari China.

Mahal bukan? Yeap. Oleh karena itu sebenarnya seperti yang saya bilang, dari importir.org  mengumpulkan banyak orang yang belum memiliki banyak modal atau belum memiliki pengalaman mengimpor untuk bergabung dengan mereka untuk mengimpor menggunakan PT mereka sebagai permulaan, maka saat kita mengklik contact supplier, nanti yang bertugas mengurus di bea cukai / pelabuhan adalah pihak dari importir.org .. jadi ilustrasi di atas adalah untuk sekedar contoh saja ya. Kalau kalian memiliki kenalan forwarder, boleh menggunakan jasa forwarder yang kalian kenal, kok.

Klasfikasi dalam mengimpor barang

Dari jutaaan barang yang dapat diimpor dari seluruh negara, sebenarnya semua diklasifikasikan menjadi 21 bagian. Dan sistem klasifikasi ini menggunakan sistem HS Code (Harmonized System)

Untuk kedua puluh satu klasikfikasinya bisa dicek di tabel dibawah. Jadi misalkan kamu mau mengimpor kuda dari Amerika, maka kamu bisa masuk kebagian 1,  karena kuda masuk ke dalam kategori binatang hidup. Dan ini adalah HS Code kamu kalau kamu mau  mengimpor kuda.

7
Yang terpenting adalah empat angka di depan yang menunjukkan produk kamu masuk ke bagian mana.

Kalau kita mau mengimpor buku, maka kita akan masuk ke bagian X. Dan khusus untuk buku kita tidak akan dikenakan bea masuk karena pemerintah Indonesia sedang giat mencerdaskan anak bangsa sehingga kita hanya perlu membayar Ppn dan Pph saja.

Kalau kamu mau mengimpor batu akik misalnya maka kamu bisa masuk ke bagian XIV atau XV atau XXI. Nah ini yang perlu diperhatikan bahwa bagian-bagian ini akan menentukan biaya-biaya yang akan kalian bayarkan saat mengambil barang di bea cukai. Yang biasanya terjadi adalah kacamata yang kita gunakan dalam menilai bagian ini tidaklah sama dengan kacamata yang digunakan oleh bea cukai. Misalkan dalam kasus batu akik, kita mungkin mengkategorikan batu akik ke dalam bagian XIV, tetapi ternyata di bea cukai, bagian yang digunakan adalah bagian XXI, otomatis harga / pajak yang akan dikenakan ke kita akanlah berbeda.

6

Kalau kalian masih bingung dengan penjelasan di atas, kalian bisa langsung klik ke http://eservice.insw.go.id/ untuk keterangan lebih lanjut.

GimanaCaraJadiImportir-10
Kalau kalian masih bingung produk kalian masuk ke bagian mana dan apa HS Codenya, bisa klik ke http://eservice.insw.go.id untuk keterangan lebih lanjutnya.
GimanaCaraJadiImportir-11
Dan di website ini kita juga dapat menghitung berapa Bea Masuk Ppn, Pph yang harus kita bayarkan juga loh.

Larangan-larangan yang harus diperhatikan dalam mengimpor barang

Larangan ini disebut dengan LARTAS (Larangan Terbatas) impor karena tentu tidak semua barang yang diimpor masuk ke Indonesia dapat melenggang bebas. Ada barang-barang tertentu yang harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak-pihak terkait di Indonesia. Misalkan kalian mau mengimpor mercon, maka kalian harus mendapatkan izin dari Polri. Untuk makanan kita harus mendapatkan izin dari BPOM.

Ada pun berikut bagian-bagian terkait yang mengurusi Lartas Impor :

  • Kementrian Pertanian
  • Kementrian Perindustrian
  • Polri
  • Kementrian Lingkungan Hidup
  • Kementrian ESDM
  • Kementrian Pertahanan
  • Kementrian Budaya & Pariwisata
  • Kementrian Kelautan dan Perikanan
  • Mabes TNI
  • Direktorat Jendral Perhubungan Udara – Kementrian Perhubungan

Total ada 69 bagian dari perijinan Indonesia yang harus kalian cermati sebelum dapat melenggang bebas menjual produk di Indonesia. Untuk mengetahui bagian-bagiannya kamu dapat kembali masuk ke http://eservice.insw.go.id dan masuk ke bagian Indonesia NTR dan ke Lartas Information.

8
Contoh LARTAS mengenai produk mercon.
9
Kalian bisa menghitung estimasi bea masuk pajak juga di website ini

Contoh produk

Ada begitu banyak barang yang dapat dijual di Jakarta. Tapi, berapa sih memang keuntungan yang didapat dari menjual barang-barang impor? Berikut beberapa item yang ditampilkan saat gue mengikuti seminar kemarin. Masih ada begitu banyak contoh namun gue akan menampilkan 3 item saja ya.

aaa
Produk 3D Comb. Modal beli di China Rp 25.000. Dijual di jakarta  Rp 285.000
aaaaa
Produk Magic Brush. Modal beli di China Rp 12.000 dijual di Jakarta Rp 279.900
abcd
Contoh produk sisir. Modal beli di China Rp 5.000 dijual di Jakarta Rp 87.500

Kesimpulan seminar

Seperti yang gue bilang, bahwa dengan harga seminar Rp 75.000, ilmu yang gue dapatkan pastilah adalah hanyalah sebatas ilmu di permukaan ‘kulit’  dan apabila gue mau mendapatkan ilmu lebih banyak  di permukaan ‘daging’, maka seperti seminar-seminar lainnya yang memberikan jebakan batman tentu akan ada kelanjutannya, bukan? Importir.org pun memberikan seminar lanjutan yang lebih dalam alias workshop seharga Rp 4.500.000 dimana dalam workshop ini para peserta akan diajarkan:

  • 5 modul bussines plan (strategi impor, strategi pembelian, strategi analisis barang yang akan booming, strategi pembayaran kartu kredit, strategi penjualan)
  • Penggunaan ijin impor
  • Conference Tahunan
  • Unlimited Import Limitation
  • Visa China
  • Bergabung dengan komunitas importir.org
  • Akun untuk komunikasi dengan supplier
  • Member Komunitas lokal dan nasional
  • Penggunaan gudang di China & Indonesia

Lumayan fantastis ya menu workshopnya? Dan kalian mungkin wondering kenapa gue gak ikutan workshopnya? Jawabannya adalah duit yang dikeluarkan cukup besar buat gue yang belum serius-serius amat menekuni bisnis ini TETAPI setidaknya ada masukan, ide, pengetahuan yang gue dapat selama seminar ini.Dan seminar ini cukup membuka mata gue soal masalah bisnis impor.

Oke guys, itu semua materi seminar seharga Rp 75.000 yang sebisa mungkin gue share ke kalian dan mudah-mudahan bermanfaat buat kalian. Dansiapa tau ada dari kalian yang mau mensponsori gue untuk ikutin workshop-nya dan hasilnya nanti gue share di blog gue? Kalo ada mah monggo banget (silahkan PM, Japri, WA langsung dah wkwkwk) #ngarep

Feel free untuk komen atau apa pun di bawah dan feel free juga untuk share tulisan inikepada orang-orang yang kalian rasa membutuhkan informasi ini. Thanks.

All pictures credits to importir.org

Advertisements

39 thoughts on “Belajar tentang Impor-Expor dari importir.org

Add yours

    1. ente juga cerdas gan dengan mereply di komen ini, status blog ane naik. wkwkw
      ikut seminar yang gratisan aja masbro… yang penting niat dulu. kalo ada rejeki baru ikutan yang mahal. Jangan lupa, kalo udah ikutan yang mahal, sharing ke ane ya. aseeek..

      Like

  1. wah artikel nya bermanfaat banget gan. kebetlan ane mau ikutan seminar importir.org di sabtu depan 21 Mei 2016.

    saya mau naya gan, untuk impor barang itu kan persyaratan ny banyak banget ya, seperti yang agan ceritakan di atas,
    bagaimana kalau kita sebagai orang biasa apalagi saya masih mahasiswa pengen import barang dari china, tetapi saya belum punya surat surat di atas..?

    Like

    1. wah senang bisa membantu gan.

      soal pertanyaan ente soal orang biasa dll dan belum punya surat-surat dll tapi pengen impor barang dari china. nah ini …. saran ane sih, ente ikutin aja dulu seminarnya di 21 Mei itu, nanti ente akan tau jebakan batmannya dari seminar ini, hihihi… cia yoo gan.

      NB : kalo abis seminar masih gak ngerti, tanya ane lagi ya gan. ho ho ho ..

      Like

  2. wah thankyouuu sharingnya. Lagi menimbang-nimbang buat ikutan seminar ini 23 Mei nanti, tapi masih ragu dan mikir “worth it” apa engga karena pas nyari nyari info tentang seminarnya malah nemu seminar yang jebakan betmen banget, ternyata ada jebakan betmennya juga toh ini wkwk. tapi kayaknya lebih mending dari yang ane baca sebelumnya. Yang hadir pada minat ikutan workshopnya ga ya tuh?

    Like

    1. Ikut mah ikut aja dulu.yah sebenernya semua seminar (mau namanya asuransi, motivasi, importir, desain dll) pasti ada jebakan batmannya lah. wong mereka cari duit juga. PLUS yang gak bisa dibeli kan ilmu dan pengalaman dari mereka.

      yang hadir banyak kok yang minat ikutan workshopnya. gak cuma workshopnya, yang beneran ikut ke Cina juga banyak.

      Like

  3. Wahh ada kelanjutan seminarnya toh gan.. Ane juga rencannya mau ikutan di tanggal 30 Juli nanti nihh.. Hehe Pendaftaran 150ribu lebih mahal nih gan.. Haha.. Oh ya gan itu kira2 beneran gak ya Workshopnya dan dapat dipercaya gak.. Thx

    Like

    1. nggak oom. saya mmg ikutan seminar ini bukan bertujuan jadi importir karena dari awal saya tahu duitnya pasti gede kalo mau diseriusin (bisa sih patungan ama temen tapi nggak lah), jadi tujuan saya ikutan seminar ini lebih ke arah knowledge aja.

      Like

  4. Seperti saya duga sebelumnya, pasti kalo belanja pake alibaba.com ya tapi kan harus kuantiti besar sehingga perlu modal gede dan keyakinan bisa jual dlm jumlah banyak
    Tapi kalau belanja di aliexpress kan harganya jg masih lebih murah dari Indo, kuantiti bisa satuan dan modalnya kecil.
    Apakah itu jg dibahas dalam seminar?

    Like

  5. Gan sya dulu sempat mau ikut seminarya tapi waktu itu pas harinya ada kendala, tolong dong di share poin pentingya aja, soalnya sya mau belajar mengimpor dri cina sdgkn sya masi mahasiswa biasa,, dan sya baca banyak yah syarat2 ,agak ribet,, dan biaya urusan nya juga mahal, tetapi apakh dlm seminar bisa memberikn kemudahan

    Like

    1. Semua poin penting yang dibagikan sat seminar saya dapet udah ditulis di atas masbro aswar. Kalo kemudahan yang dimaksud tergantung masing2 orang sih soalnya di seminar ini yang dibahas cuma “kulit”nya doang. Kalo mau “daging”nya kudu ikut seminar lanjutan yang lebih mahal harganya. Nah disitu masbro bisa gabung utk impor barang dari cinanya. Biayanya 4 jutaan kalo gak salah. Cuma utk saya pribadi yang benar2 awam yaah lumayan lah seminar ini utk bantu2 buka mata.

      Like

  6. Tengkiu Tulisannya gan …kalo sy telaah “kulitnya’ itu ternyata cuma pengertian dan penjelasan aja. kalo mau gabung ikut workshopnya. Ane pikir di seminar itu (sesuai dengan iklan di youtubenya) kalau kita mau impor sesimple “kopi paste” aja. dan yg ane pikir juga seminar ini ngajarin gimana cara “kopi paste” nya.ternyata nggak sampe situ yah. Dan berharap setelah di seminar bisa langsung ikut komunitas “titip impor”. dan kayanya nggak yah ?

    Sempet mikir jg sih mau ikutan (seminar) tapi kalo gitu mendingan langsung ikut aja workshopnya, kalo memang mau terjun ke importir.
    bener nggak gan ?

    Skali lg tulisan ente bener2 menjadi pelita buat ane.
    Tengkiu…

    Like

    1. thx u juga udah mampir ke blog saya. andaikan mengimpor semudah kopi paste, pasti kopinya sudah ngalahin starbaks pemainnya. hihih..

      “Dan berharap setelah di seminar bisa langsung ikut komunitas “titip impor”. dan kayanya nggak yah ?” ->> sebenarnya justru seminar ini lebih betujuan untuk mereka-mereka yang mau titip impor sebenarnya kalo menurut saya.

      Sempet mikir jg sih mau ikutan (seminar) tapi kalo gitu mendingan langsung ikut aja workshopnya, kalo memang mau terjun ke importir. –>> yap kalo memang mau beneran jadi importir, langsung ikut workshopnya.

      Skali lg tulisan ente bener2 menjadi pelita buat ane. –> ur welcome.

      Like

  7. di sby kapan ya gan seminarnya
    mau ikut nih,
    trs kl udah bayar 4 jt kita udah bisa krja ndak kira2,,,?
    entar bayar 4 jt trs kl engak ikut ke China kita di biarkan dan g bisa import trs suruh bayar lagi,,,?

    Like

    1. hallo..
      kurang tau kapan yang di surabaya. mungkin bisa dicek di website resminya di http://importir.org/ atau kirim ke admin mereka ya.

      bayar 4 juta itu gak mungkin ikut ke china-nya. kalau mau ke china waktu saya seminar kudu siapin 10-15 juta (karena tiket PP-nya saja bisa 4 juta heheeh)

      setau saya 4 juta itu NITIP sama mereka. jadi barang import kamu DIGABUNGIN sama temen-temen importir lain.

      mudah2an membantu.

      Like

  8. infonya komplit banget..🖒🖒

    by the way , mau tanya dong nantinya kalau memang kita minat untuk join importir.org itu..apakah kita cuman di ajarkan sekedar info aja mengenai bisnis import atau nanti kita di berikan fasilitas yg membantu untuk transaksi..

    Like

  9. hai gan …
    makasih banget tulisannya. keren dan bermanfaat untuk saya yang lagi menentukan besok jadi mau ikutan seminar nya yang di batam apa tidak.
    tapi tulisan agan udah mewakili informasi yang bakalan didapat disana besok. hahahaha

    tapi saya mau nanya gan, kira2 agan tau ga ya, kalo kita ga mau ikutan seminar dan workshop nya tapi kita pengen langsung terjun bebas ikutan ke china nya ,survey langsung bareng mas faisal nya apa itu boleh ya gan ? (ya saya tau harus bayar 15jutaan yg tertera di websitenya) cuma saya ragu. nanti pas kita udah transfer 15juta.. eeeeeh cuma ikut jalan2 yg gitu2 aja… ga bisa ikutan belanja dan import sampe ke indonesia lagi…

    soalnya saya ingin tau dulu. kemarin udah saya tanyakan ke admin importir.org nya via chat tapi intinya saya harus ikut seminar nya dulu -__- hhmmm

    boleh bantu kasih pencerahannya gan? thanks before 🙂

    Like

    1. haloo.. sorry baru bales, setau saya waktu saya ikutan seminar yang kemaren itu, kalau kamu bayar yang 15 juta itu, Yes, kamu bisa belanja dan import sampe indonesia lagi karena nantinya kamu akan gabung sama beberapa orang lain (seperti grup)

      tapi gak ada salahnya ikutan seminarnya dulu, sapa tau materinya beda dan kamu bisa tanya2 ama pembicaranya tentang pertanyaan yang kamu ajuin.

      tentunya, jangan lupa info ke saya juga yaaa. thank you.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: